Cnbcindonesia – Jika hosting tidak memenuhi untuk kebutuhan website kamu, Cloud VPS ialah jalan keluarnya. Pada intinya Cloud VPS sama dengan hosting yakni sebuah server. Kamu bisa simpan file web di hosting atau di Cloud VPS. Bedanya cuma pada akses kontrol, keperluan resource dan mekanisme operasi yang dipakai. Di Cloud VPS, kamu bisa lakukan instalasi sesuai persyaratan dari program yang ingin kamu deploy. Berlainan dengan hosting yang pemakaiannya terbatas. Nach, berikut DomaiNesia akan memberi panduan Cloud VPS untuk yang baru memulai. Apa yang perlu dilaksanakan sesudah membeli Cloud VPS? Apa yang perlu disiapkan? Yuk ikuti step by step berikut ini: Sesudah order Cloud VPS dan membayar invoice, kamu harus melakukan tutorial Cloud VPS berikut ini.

1. Cek Email Kamu

Panduan Cloud VPS pertama ialah memeriksa e-mail. Umumnya sesudah produk kamu aktif, karena itu DomaiNesia akan memberikan email yang berisi info mengenai account. Bila kamu beli Cloud VPS, maka ada Info Server yang berisi Tipe Paket Cloud VPS, Periode Aktif Cloud VPS, Alamat IP, Root Sandi, dan Akses Halaman Kontrol Panel Cloud VPS.

2. Mengakses Halaman / Control Panel Cloud VPS

Tutorial Cloud VPS kedua yakni terhubung kontrol panel Cloud VPS. Layaknya seperti hosting, kamu bisa memakai panel Cloud VPS. Tetapi panel Cloud VPS ini cuma berperan untuk lakukan beberapa pengendalian di Cloud VPS. Misalkan,

hidupkan Cloud VPS
mematikan Cloud VPS
re-start Cloud VPS
dan fungsi-fungsi yang lain.

Maka seperti kamu punyai computer server sendiri. Kamu bisa hidupkan (start) Cloud VPS, mematikan (setop) Cloud VPS dan re-start Cloud VPS lewat panel dasbor ini ya. Kamu dapat baca tutorial Komposisi Cloud Dasar VPS dan Langkah Memakai Cloud VPS Untuk Pemula supaya lebih terang. Saat sebelum memakai Cloud VPS, pastikanlah kamu telah click Start lebih dulu ya. Tombol start berada pada di samping atas kanan warna hijau. Bila status Cloud VPS telah running, maknanya Cloud VPS telah hidup. Jika poweroff, maknanya Cloud VPS masih juga dalam kondisi mati dan harus dihidupkan.

3. Remote Cloud VPS via SSH

Sekarang saatnya tutorial Cloud VPS untuk mengurus, mengatur dan lakukan instalasi. Kamu bisa lakukan remote ke server. Apakah itu SSH? Kamu dapat baca Apakah itu SSH lebih dulu ya. Pokoknya, kamu bisa terhubung server secara remote lewat jaringan yang terenkripsi. Kamu bisa terhubung Cloud VPS dimana saja kamu ada lewat konsole. Luar biasa kan? Kamu bisa lakukan instalasi, komposisi, pantauan, aktifkan cronjob, dan membuat script apa saja. Dengan lewat SSH ini, kamu bisa lakukan semua kegiatan di server sejauh kamu tersambung dengan internet.

Untuk lakukan remote Cloud VPS, langsung bisa lewat terminal/ PuTTy dengan mengcopy SSH Akses pada di kolom Akses bertanda warna kuning. Selanjutnya paste di terminal/ PuTTy. Misalkan, IP Address Cloud VPS ialah 45.127.134.46 . Maka, anda bisa tuliskan ssh [email protected]

Selainnya lewat SSH, remote Cloud VPS bisa juga dilaksanakan lewat Launch Console dalam menu dasbor Cloud VPS. Untuk terhubung Launch Console gampang dilaksanakan, cukup dengan pilih menu Akses diteruskan click Launch Console atau langsung click Launch Console yang berada di samping kiri tombol start.

4. Cloud VPS Telah Dapat Digunakan

Yeay! Telah sukses remote Cloud VPS? Apabila sudah karena itu kamu akan masuk ke servernya. Saat ini tinggal kamu tetapkan, Cloud VPS ini akan dipakai buat apa? Apa ingin dipakai untuk membikin situs server? Ingin dipakai untuk membuat sebuah web? Ingin dipakai untuk membuat online shop?

*Catatan: Tiap Cloud VPS bisa mempunyai mekanisme operasi (OS) yang lain. Proses instalasi dan komposisi dari tiap Cloud VPS berlainan. Bergantung dari mekanisme operasi yang dipakai . Maka, samakan mekanisme operasi yang dipakai dengan tutorial Cloud VPS yang berada di DomaiNesia.

5. Perlu Kamu Tahu!

Tutorial Cloud VPS ke-5 akan terkait dengan penyiapan membuat web di Cloud VPS. Pikirkan Cloud VPS ialah sebuah server kosong yang didalamnya ikuti kemauan pemakai . Maka, semua komposisi ada ditangan sang pemakai. Misalkan untuk membikin web dengan Cloud VPS, kamu perlu yang bernama situs server. Ada bermacam tipe situs server seperti Nginx atau Apache. Nach, dari tiap-tiap situs server itu langkah instalasinya berlainan setiap mekanisme operasi . Maka, lebih bagus kamu tetapkan lebih dulu apa yang ingin kamu instal di Cloud VPS. Sebagai contoh, kamu mempunyai Cloud VPS yang ingin dipakai untuk membikin web. Akan menggunakan:
Mekanisme operasi: Ubuntu
Situs Server: Apache
Database: MySQL
Pengendalian database: phpMyAdmin
CMS: WordPress

6. Menghubungkan Domain ke Cloud VPS

Baik hosting atau Cloud VPS, semua mempunyai nomor IP/ IP Address. Tetapi, IP Address yang dipunyai hosting berlainan lho dengan IP Address Cloud VPS. Bedanya:

Hosting : Tiap hosting bisa mempunyai IP Address yang serupa. Bergantung dari server yang dipakai. Ini karena masuk kelompok shared hosting Contoh: Hosting Dika dan Joko sama ada di Jessie-Jakarta. Karena itu, mereka akan mempunyai IP Address yang serupa.
Cloud VPS : Tiap server punyai IP Address masing-masing

Nach, bila kamu punyai domain, langsung bisa ditujukan ke IP Address Cloud VPS lho. Kamu dapat turuti panduan Cloud VPS untuk menyambungkan Domain ke Cloud VPS dengan ikuti Tutorial Arahkan Domain ke Cloud VPS ya.

Baca Juga : cloud hosting murah

7. Pasang SSL di Cloud VPS

Seperti halnya hosting, di Cloud VPS bisa juga padang SSL. SSL dipakai sebagai keamanan pada web. Kamu dapat pasang SSL Gratis atau berbayar di Cloud VPS. Bila di Hosting, kamu cukup hanya pasang SSL dan web kamu aman. Semua masalah yang terkait keamanan dari segi server, telah diberikan pada Team DomaiNesia. Berlainan dengan di Cloud VPS. Kamu harus turuti panduan Cloud VPS saat lakukan komposisi supaya Cloud VPS aman (hardening server) seperti pasang firewall, tutup port yang tidak dibutuhkan.

8. Instal cPanel di Cloud VPS

Apa dapat instal cPanel/ WHM di Cloud VPS? Dapat donk! Tetapi, sekarang ini DomaiNesia tidak sediakan lisensi cPanel. Kamu bisa beli lisensi di tempat lain lalu memasangkannya di Cloud VPS DomaiNesia. Selainnya cPanel, kamu dapat memakai Webuzo, Plesk, Ajenti.