JAKARTA, celebrities.id – Berikut ini adalah contoh teks drama singkat yang bisa kamu tampilkan di atas panggung. 

Drama adalah suatu karya yang menceritakan tentang kehidupan dan digambarkan dengan gerakan oleh manusia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambar kehidupan atau watak melalui tingkah laku atau dialog yang dipentaskan. 

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (23/8/2022) telah merangkum contoh teks drama singkat sebagai berikut.

1. Lala dan Kelinci Sahabatnya

(prolog) 

Di suatu desa yang indah, di tengahnya berdiri sebuah kerajaan megah, hiduplah seorang anak perempuan yang cantik. Ia masih berumur 9 tahun, sering bermain di taman belakang kamarnya sendirian. Suatu hari Ia tidak sengaja menemukan seekor kelinci di taman. Jalannya pincang, ternyata kaki si kelinci tertusuk duri tajam. Tidak tega melihat kelinci kecil dan lucu itu kesakitan, lala kemudian mencabut duri dari kakinya.

(Dialog)

Lala : Aduh, kasihan sekali kamu kelinci! (melihat bagian kaki, kemudian mengambil duri yang tersangkut di kakinya) Dasar duri jahat, pergi sana jangan sakiti tuan kelinci (sambil tersenyum, Lala menggendong kelinci ke dalam istana)

Si kelinci kemudian tinggal bersama Lala hingga dewasa, mereka selalu bermain bersama keluar istana. Hingga suatu saat terdapat sebuah acara pertunjukan di desa yang membuat Lala ingin melihatnya. Ia pun pergi ditemani dengan si kelinci tanpa pengawal.

Lala : (menaikkan tudung kepalanya sambil berjalan keluar istana)Ayo tuan kelinci.

Kelinci : (melompat sedikit lebih cepat mengikuti langkah kaki Lala).

Di tengah perjalanan tiba-tiba Lala diculik oleh kawanan penjahat, dan segera dimasukkan ke dalam kereta berkuda yang larinya cukup cepat. Tidak kehabisan akal, si kelinci melompat masuk dengan cepat ke dalam kereta itu.

Di tempat yang gelap Lala dikurung di dalam sebuah sel, matanya ditutup beserta mulutnya, sementara si kelinci berhasil menyembunyikan diri dari kawanan penjahat. Kelinci itu berhasil menemukan Lala tapi Ia kehilangan akal untuk membebaskan putri dan melawan kawanan penjahat itu. Si kelinci pun menangis dan meminta pertolongan agar bisa mencari cara membebaskan Lala.

Namun tiba-tiba di dalam sel yang gelap muncul cahaya terang yang sinarnya makin membesar, si kelinci pun silau karena sinarnya tersebut.

Ibu Peri : (muncul sambil mengacungkan tongkat dan tersenyum pada si kelinci) Pangeran, kamu telah menjadi sahabat Lala sang putri dari kerajaan dan dengan setia menemaninya sejak kecil. Kini kutukanmu kubebaskan (terdapat bunyi suara “cling”).

Si kelinci yang sudah tumbuh besar tubuhnya dikelilingi sinar seluruhnya, kemudian berubah menjadi pangeran gagah yang sangat tampan.

Ibu Peri : Selamatkan tuan putri, pangeran! Waktumu hanya 2 jam, jika lebih dari itu maka tubuhmu berubah menjadi seekor kelinci kembali (ibu peri pun menghilang seketika).

Pangeran segera berlari ke lokasi sel tuan putri, kemudian merebut pedang penjaganya dan mengalahkannya dengan gerakan cepat. Ia berhasil membuka sel dimana Lala berada dan melepaskan ikatannya. Setelah membuka penutup mulut dan matanya, Lala pun terkejut melihat seorang pangeran tampan di depannya.

Pangeran : Ayo kita pergi, Lala! Cepat, ayo lari (sambil menggenggam tangan Lala dan mengajaknya keluar sel serta ruangan gelap yang tidak mereka kenal).

Lala : (tiba-tiba menghentikan langkahnya saat mencapai batas ruangan terluar) Tunggu! Di mana perginya tuan kelinciku? (membalikkan badan, namun segera dicegah oleh pangeran)

Pangeran : (memegang pundak Lala) Lala, aku ini kelincimu yang selama ini menemanimu. Sebenarnya aku adalah seorang pangeran yang dikutuk. Waktu kita singkat, ayo kita segera meninggalkan tempat ini terlebih dulu (kembali menarik lengan Lala dan mengajaknya berlari kencang hingga sampai ke istana).

(Epilog)

Di istana semua orang telah menunggu Lala dengan cemas. Saat Lala dan pangeran tiba di istana semua terkejut sekaligus senang melihat kehadiran putri yang baik-baik saja. Melihat hal itu, Raja mendatangi sang putri dan pangeran. Raja percaya bahwa si pangeran adalah penyelamat anaknya, kemudian secara mendadak Raja mengumumkan berita untuk acara pernikahan Lala dengan Pangeran. Mereka pun akhirnya saling mengenal dan berbagi cerita seperti di masa kecilnya.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.