Tingkatkan Literasi di Pelosok Sumatra, Pemerintah Kirim 4 Juta Eksemplar Buku

Tingkatkan Literasi di Pelosok Sumatra, Pemerintah Kirim 4 Juta Eksemplar Buku

Jakarta: Gerakan Literasi Nasional (GLN) di berbagai pelosok Tanah Air terus digalakkan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) meluncurkan program pencetakan dan pengiriman buku pengayaan pendukung ke daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) untuk peserta didik PAUD dan SD di wilayah regional satu, yaitu Sumatra.
 
Sebanyak 560 judul yang terdiri atas 540 judul buku SD dan 20 judul buku PAUD dikirimkan dari perusahaan percetakan PT Gramedia berkolaborasi dengan Pos Indonesia untuk pengiriman ke daerah 3T regional satu. Total buku yang dikirimkan untuk wilayah regional satu terdiri atas 4.038.946 eksemplar buku SD dan 46.640 eksemplar untuk buku PAUD.
 
Seluruh anggaran berasal dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kepala Badan Bahasa, E Aminudin Aziz, mengatakan dalam mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa di seluruh Indonesia, Badan Bahasa berkomitmen memfasilitasi dengan ketersediaan sarana yang ada.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap buku-buku yang telah dicetak ini dapat sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan aman. Selain itu, diharapkan buku-buku ini betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak didik.
 
“Supaya dapat meningkatkan minat baca, nilai kemampuan literasi, serta bahasa guna mencetak generasi yang unggul, cerdas, berkarakter, sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila,” ujar Aminudin Aziz dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Juli 2022.
 
Aminudin menyebut pihaknya memahami perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyukseskan GLN. Dia mengatakan pihaknya tidak bisa bekerja sendiri.
 
“Ketersediaan paket pertama buku perdana yang sesuai kebutuhan anak-anak ini sangat menentukan keberhasilan program ini selanjutnya,” kata Aminudin.
 
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya GLN. Aminudin berharap buku-buku ini bisa sampai pada anak-anak tepat waktu dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

 

Halaman Selanjutnya

Ada tiga prinsip utama buku…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan