Merdeka.com – Selama dua hari berturut-turut tank angkatan bersenjata Malaysia mogok dan membuat kemacetan di Ibu Kota Kuala Lumpur. Militer Malaysia pun menyampaikan permohonan maaf kepada publik.

Dikutip dari laman CNN, Senin (29/8), kejadian pertama terjadi di dekat gedung Parlemen Negara ketika tank PT-91M Twardy mogok di jalan karena masalah mesin.

Akibat mogok maka arus lalu lintas pun menjadi terhambat.

Pihak berwenang segera berusaha untuk mengalihkan mobil di sekitarnya agar kemacetan dapat terurai. Akhirnya tank tersebut diderek 30 menit kemudian.

Namun tidak lebih dari 24 jam, sebuah kendaraan lapis baja yang digunakan untuk menarik tank itu juga mogok di luar Museum Nasional Kuala Lumpur sehingga menimbulkan kemacetan lagi.

Orang-orang yang penasaran melambatkan mobilnya untuk melihat kejadian langka itu.

Setelah kendaraan itu selesai diperbaiki oleh tim mekanik, kendaraan itu kembali melanjutkan perjalanannya ke Dataran Merdeka atau Lapangan Merdeka. Kendaraan tersebut akan dipakai untuk parade pada 31 Agustus nanti untuk merayakan hari kemerdekaan Malaysia.

Insiden memalukan ini akhirnya membuat pihak angkatan bersenjata Malaysia mengeluarkan permohonan maaf.

Militer Malaysia menyatakan “tentara meminta maaf atas dua insiden itu dan akan memastikan ini tidak terjadi lagi”.

“Namun jika terulang kembali, tim pemulihan siaga akan dikerahkan ke lokasi secepat mungkin untuk menderek kendaraan yang tertimpa musibah guna menghindari kemacetan lalu lintas” lanjut pernyataan itu.

Dua kejadian mogok itu sontak menjadi bahan ejekan warga Malaysia di dunia maya.

“Singapura membutuhkan tank untuk mempertahankan jalanan kota. Jalan di Malaysia bisa mengalahkan tank,” kata komedian Malaysia Jason Leong di Twitter.

“Sebuah tank berhenti di tengah jalan raya (Malaysia),” tulis pengguna Twitter lainnya. “Jika Malaysia berperang, kami akan menjadi Rusia” tulisnya.

Reporter Magang: Theofilus Jose Setiawan [pan]

Baca juga:
Malaysia Bantah Siapkan Sel Mewah untuk Najib Razak di Penjara
Hikayat Najib Razak, Selama Ini Tak Tersentuh Hukum Akhirnya Mendekam di Penjara
Banding Ditolak, Najib Razak Divonis 12 Tahun Penjara Karena Korupsi 1MDB
Malaysia Batalkan Rencana Undang-Undang Generasi Tanpa Asap Rokok
Malaysia akan Larang Penjualan Rokok untuk Usia di Bawah 18 Tahun


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.