Taiwan Sebar Jet Tempur Usai 22 Pesawat Tiongkok Lintasi Wilayah

Taiwan Sebar Jet Tempur Usai 22 Pesawat Tiongkok Lintasi Wilayah

Taipei: Taiwan menyebar jet tempur pada Rabu 3 Agustus 2022 untuk memperingatkan 27 pesawat Tiongkok di zona pertahanan udaranya. Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, 22 dari pesawat Tiongkok itu telah melintasi garis batas yang memisahkan pulau.
 
Tiongkok menunjukkan kemarahannya atas kunjungan tingkat tertinggi Amerika Serikat (AS) ke pulau itu dalam 25 tahun terakhir. Kunjungan dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dengan ledakan latihan militer di sekitar Taiwan, memanggil Duta Besar Amerika di Beijing dan menghentikan beberapa impor pertanian dari pulau itu.
 
Dalam peningkatan terbaru dalam ketegangan di Selat Taiwan yang sensitif, Taiwan mengatakan telah mengirim pesawat dan mengerahkan sistem rudal untuk ‘memantau’ aktivitas Tiongkok ke zona identifikasi pertahanan udara, atau ADIZ.
 

Taiwan, yang diklaim Tiongkok sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluh dalam beberapa tahun terakhir tentang misi berulang-ulang oleh angkatan udara Tiongkok di dekat pulau yang diperintah secara demokratis. Seringkali pelanggaran dilakukan di bagian barat daya ADIZ.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Misi Tiongkok terbaru termasuk 16 pesawat tempur Su-30 China dan 11 jet lainnya,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip dari The Straits Times, Kamis 4 Agustus 2022.
 
Sebuah sumber yang mengetahui perencanaan keamanan Taiwan mengatakan bahwa 22 jet yang melintasi garis median tidak terbang terlalu jauh ke penyangga tidak resmi dari pihak Tiongkok.
 
Tidak ada pesawat sisi yang biasanya melintasi garis median.
 
Sebelumnya pada Rabu, Taiwan mengatakan, beberapa latihan militer yang direncanakan China minggu ini akan berlangsung di wilayah laut dan udara 12 mil laut Taiwan, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang digambarkan oleh seorang pejabat senior pertahanan sebagai “sejumlah blokade laut dan udara Taiwan”.
 
Negeri Tirai Bambu telah meningkatkan tekanan militer dan politik untuk mencoba dan memaksa pulau itu untuk menerima kekuasaan Tiongkok. Taiwan menolak klaim Tiongkok atas pulau itu dan bersumpah untuk membela diri.

 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan