Mahasiswa, Terapkan 3 Hal Ini Sebelum Lulus Demi Persiapkan Karier Bagus

Mahasiswa, Terapkan 3 Hal Ini Sebelum Lulus Demi Persiapkan Karier Bagus

Jakarta: Harapan mencari pekerjaan layak setelah lulus dari perkuliahan menjadi idaman semua mahasiswa. Namun, realitas tidak semulus yang dibayangkan. 
 
Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Airlangga (Unair) mengadakan webinar untuk membekali mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Kegiatan dikemas dengan tema Branding Class 2022 yang turut mengundang Founder of Today Solution sekaligus seorang passion enthusiast Syafril Riza. 
 
Syafril mengawali penjelasan tentang perbedaan job dan karier. Kemudian, dilanjutkan dengan perbedaan yang sering kali dipahami tumpang tindih.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga membeberkan mengenai hal wajar yang akan diawali fresh graduate saat memasuki dunia kerja yang bakal mengalami proses dalam perjalanan karier di dunia kerja. Selain itu, Syafril membagikan tiga hal yang tidak kalah penting untuk diketahui dan mulai diterapkan kepada mahasiswa sebelum lulus kuliah. 
 
Hal itu agar antara job dan karier sesuai dengan yang diharapkan. Pertama, tentukan terlebih dahulu alasan mengapa perlu bekerja. 
 
Hal ini akan turut berpengaruh pada mindset serta kualitas kerja nantinya. Kedua, pahami perbedaan antara simbol dan esensi. 
 
Syafril menjelaskan sering kali banyak orang hanya melihat simbol beserta gaji besar. Tetapi, tidak memahami esensi atau hal di baliknya dengan baik.
 
“Simbol hanyalah penampakan luar. Sedangkan esensi adalah aktivitas keseharian yang dilakukan dari pekerjaan yang sedang dijalani,” kata Syafril dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 18 Juli 2022. 
 
Ketiga, membangun personal branding yang baik untuk menunjang karier di sosial media. Hal ini dapat dilakukan dengan mulai membenahi tatanan sosial media maupun informasi-informasi yang menggambarkan tentang diri agar mudah dikenal dan diketahui khalayak. 
 
Selain itu, personal branding juga dapat menunjang saat sedang mencari pekerjaan atau tawaran kerja yang datang. 
 
“Personal branding adalah seperti apa diri kita ingin dikenal oleh audiens dan cara mengenalkan diri kita pada target audiens kita. Sehingga, memberikan manfaat bagi targer audiens dan diri kita,” kata Syafril. 
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan