Kapolri: 83,8% Masyarakat Nilai Pelayanan Polisi Sudah Baik

Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut 83,8 persen masyarakat menilai pelayanan polisi sudah baik. Hal ini diketahui dari hasil survei Litbang Kompas beberapa waktu lalu.
 
“Itu terjadi tentunya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri mengedepankan upaya pencegahan sesuai dengan pola pemolisian prediktif,” kata Listyo dalam sambutan saat Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara di Semarang, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Listyo menjelaskan pemolisian prediktif itu ialah penegakan hukum dilakukan dengan prinsip-prinsip keadilan restoratif. Khususnya, terhadap hal-hal yang mencederai rasa keadilan masyarakat kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Listyo menekankan tidak akan ragu menindak pelaku kejahatan yang meresahkan dan merugikan masyarakat. Pemecah belah kesatuan dan persatuan, kata dia, akan dilakukan penegakan hukum dengan tegas.
 
“Sebagai ultimatum remedium dengan berpedoman pada keadilan, kemanfaatan hukum serta menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM),” ungkap jenderal bintang empat itu.
 

Dia berharap Hari Bhayangkara ke-76 dapat menjadi daya ungkit dan pemacu semangat anggota untuk melakukan pengabdian terbaik. Terutama, menjaga keberagaman persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta mengawal dan mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk mewujudkan tujuan luhur bangsa Indonesia.
 
Mantan Kabareskrim Polri itu mengakui Polri belum sempurna dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Dia berjanji akan terus berbenah dan peka terhadap kritik dan saran yang datang dari masyarakat.
 
“Meskipun pahit akan kami jadikan evaluasi untuk mewujudkan transformasi menuju Polri yang presisi, agar Polri semakin dekat dan dicintai masyarakat,” kata mantan Kapolda Banten itu.
 
Polri disebut siap berkomitmen memegang amanah dan harapan masyarakat untuk melaksanakan tugas pokok dengan sebaik-baiknya. Khususnya, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat
 
“Polri juga akan mendukung dan mengawal seluruh kebijakan pemerintah dalam mewujudkan transformasi ekonomi menuju Indonesia maju, Indonesia emas 2045,” ucap Listyo.
 

(AGA)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan