Jelang Pencoblosan, 212 Calon Kades Kapuas Hulu Deklarasi Pilkades Damai

Jelang Pencoblosan, 212 Calon Kades Kapuas Hulu Deklarasi Pilkades Damai

Kalbar: Sebanyak 212 orang calon kepala desa (kades) dari 74 desa pada 20 kecamatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengucapkan deklarasi damai untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang diselenggarakan pada 23 Juli 2022.
 
“Saya minta para calon kades berkomitmen untuk mewujudkan Pilkades serentak yang damai, aman lancar dan tertib,” kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat menghadiri Deklarasi Pilkades Damai, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Dia menyampaikan Pilkades serentak di Kapuas Hulu merupakan pesta rakyat untuk memilih pemimpin di desa. Kepala desa yang terpilih merupakan calon kepala desa yang memiliki suara terbanyak yang dipilih langsung oleh masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat cerdas dalam memilih calon kepala desa yang dapat membangun dan memajukan desa tersebut.
 
“Kalah menang itu soal biasa, jangan sampai gara-gara Pilkades membuat retak hubungan keluarga, tetangga dan saudara, pilih pemimpin sesuai hati nurani,” ujarnya.
 
Baca: Calon Kades di Sumsel Ditembak dan Dibacok Orang Tak Dikenal
 
Selain itu, Wahyudi mengingatkan bagi calon kades yang tidak terpilih dapat mendukung calon kades terpilih, bersama-sama membangun desa. Selain itu, bagi calon kades yang terpilih dapat menjalankan tugas yang diemban sebagai amanah masyarakat dan dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus menjelaskan pelaksanaan Pilkada serentak diselenggarakan pada Sabtu, 23 Juli 2022 dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
 
Dia menjelaskan dari 278 desa ada 74 desa di Kapuas Hulu yang melaksanakan Pilkades serentak, dengan jumlah calon kades sebanyak 212 orang dan 11 di antaranya merupakan perempuan.
 
“Harapan kita pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar aman dan damai, sesuai komitmen para calon kepala desa yang telah mengucapkan deklarasi Pilkades Damai,” ucapnya.
 
Pelaksanaan deklarasi Pilkades Damai Kapuas Hulu itu diikuti seluruh calon kepala desa yang dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu dan Ketua DPRD Kapuas Hulu.
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan