Dukungan Swasta untuk Siapkan SDM Berdaya Saing di Era Globalisasi

Jakarta: Dukungan swasta menjadi sangat penting untuk ikut menyiapkan sumber daya manusia (SDM). Terlebih di era globalisasi seperti saat ini, memiliki pendidikan yang tinggi merupakan modal penting agar anak-anak muda Indonesia mempunyai daya saing.
 
Anak usaha PT Jababeka Tbk, Jababeka Morotai mendukung pemerataan akses pendidikan bagi anak-anak khususnya di Indonesia timur. Dukungan diberikan kepada anak-anak yang berprestasi untuk bisa bersekolah hingga pendidikan tinggi seperti Strata 1 (S1).
 
General Manager Jababeka Morotai Susan Wijaya mengatakan, pihaknya memberikan program beasiswa hasil kerja sama antara Jababeka Morotai dengan President University. Ia berharap dukungan ini bisa membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia Timur. 





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya berharap semua beasiswa yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh para anak-anak dari Indonesia timur. Sehingga ilmu yang didapat nanti bisa berguna bagi kemajuan Indonesia timur, termasuk anak-anak yang tinggal di Pulau Morotai,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin, 29 Agustus 2022.
 
Ia mengungkapkan, program beasiswa hingga sarjana yang diberikan berupa beasiswa sebesar 75 persen, beasiswa sebesar 90 persen, hingga beasiswa 100 persen. Besaran beasiswa yang didapat itu mengacu pada hasil penilaian oleh tim President University.
 

 
Menurut Susan, penilaian dilakukan dengan menyaring nilai rapor SMA Kelas X dan XI, serta hasil interview secara online. Adapun syarat rata-rata dalam tahap penyaringan rapot, nilai pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris harus di atas 80.
 
“Saat ini, menurut informasi LoA (letter of acceptance) yang kami dapatkan dari President University, dari 250 siswa dari Indonesia timur yang diterima, termasuk siswa dari Pulau Morotai. Dengan total beasiswa kurang lebih Rp2,59 miliar,” ujar dia.
 
Susan menjelaskan, ada berbagai jurusan yang didapat 250 peraih beasiswa, yaitu Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Arsitektur, Digital Agribisnis, dan Design Interior. 
 
“Dan, beasiswa akan diberikan untuk sembilan semester hingga lulus wisuda sarjana dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” pungkas Susan.
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan