Merdeka.com – Beredar di media sosial Facebook informasi yang mengklaim jika virus cacar monyet atau monkeypox itu dapat menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes.

Wow, jadi kita bisa tertular Cacar Monyet dari gigitan Nyamuk! Wow!,” ujar narasi yang diunggah di Facebook.

Penelusuran

Melansir dari USA TODAY, ahli epidemiologi dan dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Pusat Medis Nebraska, Dr. Ali Khan mengatakan tidak ada bukti bahwa nyamuk menularkan cacar monyet ke manusia.

“Tidak ada data laboratorium atau epidemiologi yang mendukung penularan cacar monyet lewat gigitan nyamuk dan banyak data yang menyangkal diagnosis ini dan (cacar monyet) menyebar melalui kontak langsung,” kata Ali.

Sementara itu, berdasarkan situs Kemenkes, virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin.

Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, ketika menangani atau memproses hewan buruan, atau melalui penggunaan produk yang terbuat dari hewan yang terinfeksi.

Virus juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

Cacar monyet ditularkan pula dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan Ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Kesimpulan

Tidak ditemukan bukti virus cacar monyet pada manusia bisa ditularkan melalui nyamuk. Para ahli kesehatan menyebut cacar monyet menyebar melalui kontak langsung.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/08/23/fact-check-no-evidence-mosquitoes-can-spread-monkeypox-experts-say/10228446002/
http://www.b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id/mobile/berita/baca/419/Penyakit-Cacar-Monyet-Monkeypox-dan-yang-Perlu-Kita-Tahu-Tentangnya

[lia]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.