CEK FAKTA: Benarkah Timnas Indonesia Tinggalkan AFF dan Gabung EAFF? Simak Faktanya

Merdeka.com – Isu jika Tim Nasional Sepak Bola Indonesia resmi keluar dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan resmi bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Isu tersebut beredar di media sosial TikTok.

indonesia resmi keluar dari AFF, indonesia di pastikan akan gabung di piala EAFF #indonesia #timnasindonesia #aff #eaff.

cek fakta benarkah timnas indonesia tinggalkan aff dan gabung eaff simak faktanya

TikTok

Penelusuran

Setelah ditelusuri, kabar Indonesia tidak lagi menjadi anggota AFF, tidak ditemukan di situs resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menaungi Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Tidak ada pula laporan media arus utama yang membenarkan bahwa Indonesia sudah tidak lagi tergabung di AFF.

Sementara itu dilansir dari ANTARA, Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengaku sudah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) soal kepindahan PSSI dari AFF. Namun, untuk kepindahan ke EAFF perlu melewati sejumlah tahapan.

“Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi). Mereka senang kalau kami gabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu,” kata Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa,(19/7).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, menegaskan jika PSSI tidak mungkin pindah federasi begitu saja kerena banyak mekanisme yang harus dilewati secara internal maupun eksternal.

Oleh sebab itu, secara organisasi, pihaknya harus mendiskusikan terlebih dahulu. Terutama pada tingkat Komite Eksekutif (Exco).

“Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung ruginya,”

Isu PSSI pindaj ke EAFF berhembus kencang setelah dugaan Timnas U-19 dicuragi saat Piala AFF U-19 2022. PSSI menganggap pertandingan Thailand vs Vietnam tidak menjunjung sportivitas.

Kesimpulan

Isu Tim Nasional Sepak Bola Indonesia resmi keluar dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan resmi bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) adalah keliru.

PSSI tidak mungkin pindah federasi begitu saja kerena banyak mekanisme yang harus dilewati secara internal maupun eksternal.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/3005729/pssi-sudah-berkomunikasi-dengan-eaff-soal-pindah-federasi
https://www.antaranews.com/berita/3009681/hoaks-indonesia-resmi-keluar-dari-aff

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan