6 Cara Efektif Usir Ngantuk di Kelas

6 Cara Efektif Usir Ngantuk di Kelas

Jakarta: Rasa bosan dan kantuk kerap kali menyerang siswa saat sedang belajar di dalam kelas. Hal ini tentunya bisa mengganggu aktivitas belajar.
 
Tidak hanya itu, konsentrasi bisa langsung buyar sehingga membuat belajar menjadi tidak efektif, yang tentu saja menjadi musuh siswa. Melansir dari Ruangguru, berikut enam cara efektif mengusir rasa ngantuk di kelas:

1. Izin ke toilet

Sobat Medcom yang merasa mengantuk atau bosan, bisa untuk meminta izin untuk pergi ke toilet untuk menghilangkan rasa jenuh. Pada saat keluar ruangan, bisa saja Sobat Medcom berpapasan dengan kakak kelas gebetan.

2. Cuci muka

Mencuci muka saat pergi ke toilet juga merupakan cara ampuh mengusir rasa kantuk atau bosan. Harapannya, saat kembali ke kelas akan lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran.

3. Ngemil

Apakah Sobat Medcom tahu makan di kelas dapat mengembalikan konsentrasi? Hal ini mungkin saja terjadi karena rasa lapar.
 
Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu sedia cemilan praktis, seperti permen. Permen biasanya sangat ampuh untuk mengusir rasa kantuk, tanpa perlu harus ketahuan guru kalau sedang makan.

4. Corat-coret di kelas

Menggambar atau mencoret buku catatan juga merupakan cara ampuh lainnya mengusir rasa kantuk dan bosan. Walaupun menyenangkan, jangan lupa untuk selalu tetap memperhatikan pelajaran yang berlangsung.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan menghias buku catatan menjadi sesuatu hal yang keren akan membuat siswa lebih semangat.

5. Mendengarkan musik

Siapa yang suka mendengarkan musik? Saat guru belum datang, Sobat Medcom bisa mencuri waktu untuk mendengarkan musik.
 
Mendengarkan musik sangat bisa meningkatkan mood seseorang. Akan tetapi, saat guru datang jangan lupa untuk selalu siap mendengarkan materi yang diajarkan.

6. Pikirkan hal seru

Coba pikirkan hal seru yang akan Sobat Medcom lakukan setelah pulang sekolah. Baik itu jalan bersama keluarga, sahabat, atau bahkan gebetan.
 
Tetapi ingat jangan kebanyakan melamun. Siswa harus tetap memperhatikan saat guru sedang mengajar di depan kelas.
 
Inilah enam cara efektif mengusir rasa kantuk dan bosan di dalam kelas. Tapi ingat, setelah tidak mengantuk lagi, jangan lupa untuk tetap fokus memperhatikan pelajaran agar tidak ketinggalan materi. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan