Kenali Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 60 km/jam

Kenali Penyebab Setir Mobil Bergetar Kecepatan 60 km/jam

Ketika kamu sedang asyik melaju dengan mobil kesayangan, tiba-tiba setir bergetar. Agar jangan panik, kenali dulu penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam di artikel ini.

Memang sudah sewajarnya lingkar kemudi mobil bergetar karena permukaan jalan yang tidak rata. Apalagi jika kamu sedang menempuh rute yang melewati jalanan semi offroad yang penuh dengan batu kerikil.

Namun yang tidak wajar adalah ketika setir mobil bergetar di kecepatan 60 km/jam saat melewati jalan dengan permukaan halus. Hal ini menjadi semacam tanda bahwa ada yang tidak beres dengan komponen mobil kamu.

Penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam

Jika setir mobil kamu bergetar ketika kecepatan mencapai 60 km/jam, janganlah panik. Sebab kepanikan justru dapat membuat kamu melakukan sesuatu dengan mendadak. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Turunkan kecepatan kendaraan kamu secara perlahan, dan pertahankan laju mobil pada kecepatan tidak terlalu tinggi hingga tiba di tujuan.

Untuk membantu kamu agar tidak panik saat kondisi ini terjadi, ada baiknya kamu tahu beberapa penyebab setir getar saat kecepatan tinggi.

1. Tekanan angin pada ban tidak sesuai

Jika setir getar saat kecepatan tinggi, maka kamu sebaiknya memeriksa tekanan angin pada keempat ban mobil. Sebab ukuran tekanan angin ban mobil sangat mempengaruhi performa mobil.

Pastikan agar keempat ban mobil memiliki tekanan angin yang sesuai dengan saran pabrikan mobil. Jangan berlebihan dan jangan pula kekurangan tekanan angin ban.

2. Mesin pincang

Mesin mobil yang pincang bisa menjadi penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu. Salah satu penyebabnya adalah campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar dengan sempurna akibat pasokan bahan bakar atau udara yang terlalu berlebihan.

Kamu bisa memeriksa busi atau koil, apakah keduanya masih memercikkan api atau tidak. Pasokan bahan bakar yang kurang, juga mengakibatkan mesin bergetar, yang juga membuat setir mobil bergetar pula.

Komponen mesin lain yang bisa memicu getaran pada mobil dan setir adalah engine mounting. Jika rusak, engine mounting tidak bisa menahan gerakan mesin mobil dengan seharusnya.

Rusaknya engine mounting umumnya disebabkan oleh usia pakai, dan juga seberapa sering mobil melakukan pengereman dan akselerasi secara mendadak.

3. Permukaan tapak ban mobil tidak rata

Jika setir mobil bergetar di kecepatan 60 km/jam, kamu juga perlu mencurigai kondisi permukaan tapak ban mobil. Jika permukaan tapak ban sudah tipis, dapat membuat setir mobil bergetar ketika melaju di kecepatan 60 km/jam.

Bagaimana cara cek permukaan tapak ban mobil? Kamu bisa memeriksa dan memperhatikan TWI, atau tradewear indicator di masing-masing ban. TWI sendiri bisa kamu temukan di sela-sela alur ban atau groove.

4. Kerusakan as roda atau drive shaft

As roda memang merupakan komponen mobil yang jarang rusak. Tapi bukan berarti tidak bisa rusak. Jika mobil sering melibas jalanan berlubang dan bergelombang, hal ini akan mempersingkat umur pemakaian as roda mobil. 

Saat as roda rusak, maka penyaluran tenaga ke roda akan terganggu dan tidak lancar. Getaran umumnya akan dirasakan ketika pengemudi membelokkan mobil.

Selain as roda, kerusakan drive shaft pada bagian joint juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar pada kecepatan tertentu.

5. Ada gangguan pada kaki-kaki mobil 

Rusaknya kaki-kaki mobil menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar ketika kecepatan 60 km/jam. Tanpa kita sadari, kaki-kaki mobil dapat rusak karena berkali-kali melibas jalanan berlubang dengan kecepatan yang tinggi.

Getaran yang dihasilkan saat melewati lubang atau jalanan yang tidak rata, bisa membuat kaki-kaki mobil rusak secara perlahan.

Umumnya, beberapa komponen kaki-kaki mengalami aus seperti komponen tie rod, ball joint, atau racksteer. Komponen-komponen tersebut berhubungan langsung dengan setir mobil kamu.

6. Cakram rem tidak rata lagi

Jika kondisi cakram rem mobil kamu tidak lagi rata dan sudah bergelombang, maka bisa menyebabkan setir bergetar.

Memang setir bergetar tidak dalam kondisi sedang berakselerasi, namun ketika di rem di kecepatan 60 km/jam. Saat kamu memutuskan untuk menginjak pedal rem, maka setir dan mobil kamu akan bergetar.

Cara mengatasi setir mobil bergetar

Jika setir mobil terasa bergetar, sebaiknya jangan dibiarkan. Ada cara memperbaiki setir mobil bergetar yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1. Mengganti cakram rem

Cara ini berlaku apabila salah satu faktor penyebab getaran pada setir adalah cakram rem yang rusak. Jika permukaan cakram rem sudah tidak rata, sebaiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

2. Servis kaki-kaki mobil

Jika kamu mencurigai adanya komponen kaki-kaki mobil yang tidak berfungsi normal, maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel kaki-kaki mobil terdekat. 

Mintalah montir untuk memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Kalau ada komponen kaki-kaki mobil rusak parah, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Melakukan balancing dan spooring

Jika kamu mencurigai kondisi ban sebagai penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam, maka lakukanlah spooring balancing.

Spooring berfungsi untuk meluruskan posisi kedudukan roda, dan mengembalikan posisi sudut keempat roda mobil. Sedangkan balancing berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan keempat roda sesuai dengan titiknya.

4. Mengganti ban lama dengan yang baru

Kondisi tapak ban yang sudah tipis sangatlah berbahaya. Selain bisa membuat setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam, tipisnya tapak ban bisa membuat mobil tergelincir saat melewati permukaan jalan yang basah.

Oleh sebab itu, sebagai cara mengatasi setir mobil bergetar, ganti ban bertapak tipis dengan ban baru untuk menjamin keselamatan berkendara kamu.

5. Isi angin ban sesuai dengan tekanan yang dianjurkan

Sebelum berkendara, ada baiknya kamu mengecek tekanan angin keempat ban. Jika kurang atau berlebihan, kamu bisa sesuaikan tekanan angin ban mobil di kios tambal ban terdekat.

Pentingnya punya asuransi mobil

Tips dari Lifepal! Jika setir mobil kamu bergetar ketika kecepatan mencapai 60 km/jam, janganlah panik. Sebab kepanikan justru dapat membuat kamu melakukan sesuatu dengan mendadak. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Turunkan kecepatan kendaraan kamu secara perlahan, dan pertahankan laju mobil pada kecepatan tidak terlalu tinggi hingga tiba di tujuan.

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel. Perhatikan cara memilih asuransi mobil yang tepat di video berikut.

Asuransi kendaraan yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang umum ditemui, yaitu: 

  • Asuransi all risk, yaitu jenis asuransi yang menanggung segala bentuk risiko pada mobil, baik itu kerusakan ringan, kerusakan berat, bahkan sampai risiko kehilangan mobil akibat pencurian
  • Asuransi TLO, yaitu asuransi Total Loss Only, yang menanggung kerugian apabila nilai kerugian tersebut sama dengan atau lebih dari 75 persen nilai kendaraan

Jadi, jenis asuransi mana yang paling cocok untuk mobilmu? Coba cari tahu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

FAQ seputar penyebab setir mobil bergetar kecepatan 60 km/jam

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!