Untuk Maksimalkan Penjualan Jelang Ramadan 2023, Ini Hasil Riset Tokopedia Marketing Solutions 2022

Untuk Maksimalkan Penjualan Jelang Ramadan 2023, Ini Hasil Riset Tokopedia Marketing Solutions 2022

cnbc-indonesia.comBerdasarkan data internal Tokopedia , selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Vice President of Marketing Solutions Tokopedia , Edwin Chayadi.

50 Persen dari Total Pesanan di Tokopedia Ramadan 2022 Gunakan Bebas Ongkir

Berdasarkan riset Tokopedia tentang tren Ramadhan 2022, masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadhan sejak sebelum sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi kebutuhan terjadi pada minggu pertama hingga ketiga bulan Ramadan atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Riset Tokopedia juga menunjukkan beberapa kategori yang paling banyak dicari seperti Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet.

Sementara, kategori produk dengan transaksi tertinggi mulai dari Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.

Edwin Chayadi juga mengungkapkan metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil.

Selain kata dia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.

Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

TopAds Tokopedia Marketing Solutions Optimalkan Peluang Bisnis di Ramadan

Melihat tren konsumen pada Ramdhan 2022, pelaku bisnis dari berbagai sekala bisa mempersiapkan strategi pemasaran di bulan Ramadhan tahun ini.

Strategi itu seperti Tokopedia Marketing Solutions yakni solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia , yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’) dan kanal video streaming (‘ Tokopedia Play’).

“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” kata Edwin.

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘ Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).

Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).

Baca Juga: Tak Hanya Pejabat Pajak, Kini Pejabat Bea Cukai yang Hobi Pamer Kekayaan Juga Disorot Publik

Penjualan Kintakun dan Garudafood di Ramadhan 2022 Melesat dengan Dukungan Tokopedia Marketing Solutions

Pada Ramadan 2022, Kintakun, brand lokal yang bergerak di bidang perlengkapan tidur seperti sprei dan bercover serta produk home living, meluncurkan paket eksklusif Kintakun x Ji Changwook di Tokopedia dengan memanfaatkan solusi menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions selama satu bulan penuh.

Kintakun menggunakan Homepage Banner, Dynamic Channel, Tokopedia Play, TopAds, Tokopedia Display Network dan Marketing Services.

“Dengan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions, Kintakun mencatat peningkatan pesanan sebesar 52% dan peningkatan pendapatan sebesar 95% selama Ramadan 2022,” ungkap Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputra.

Sementara Garudafood, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, juga menggunakan solusi marketing menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions, untuk memaksimalkan penjualan dengan hadir di seluruh consumer touchpoints.

Marketing Director Garudafood, Ferry Haryanto mengatakan perusahaannya meluncurkan 55 varian hampers secara eksklusif di Tokopedia saat Ramadan tahun lalu.

“Dengan bantuan Tokopedia Marketing Solutions, kami berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143% dan peningkatan pendapatan sebesar 179% selama Ramadan 2022,” kata Ferry.

Tokopedia Marketing Solutions Bantu Persiapan Pelaku Usaha Menjelang Ramadan 2023

Edwin Chayadi mengatakan banyak pelaku bisnis mempersiapkan strategi pemasaran dengan dukungan Tokopedia Marketing Solutions.

“Melihat hasil signifikan dari pemanfaatan Tokopedia Marketing Solutions oleh berbagai brand termasuk Kintakun dan Garudafood di Ramadan tahun lalu, dan tingginya animo masyarakat untuk berbelanja saat Ramadan tahun ini, pelaku bisnis lain dari berbagai skala juga bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 bersama Tokopedia Marketing Solutions,” kata Edwin.

Tahun ini, Tokopedia #LengkapiRamadan masyarakat lewat berbagai penawaran menarik dan sederet kampanye, seperti Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja, dan CantikFest.

Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada berbagai kampanye tersebut–dan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions–untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk selama Ramadan 2023.

“Solusi yang kami tawarkan juga semakin beragam dengan adanya integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam kesatuan ekosistem GoTo. Kami akan terus berupaya membantu pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia dan ekosistem GoTo demi membantu pemerataan ekonomi secara digital,” tutup Edwin.***