Twitter Luncurkan DM Enkripsi, Hanya untuk Twitter Blue

Twitter Luncurkan DM Enkripsi, Hanya untuk Twitter Blue

cnbc-indonesia.com – Twitter kini kembali meluncurkan fitur privasi terbaru melalui fitur Direct Message atau DM, di mana mereka akan memberikan pesan terenkripsi agar pengguna bisa lebih nyaman mengirim dan menerima pesan di Twitter. Fitur ini berlaku hanya untuk pengguna yang berlangganan Twitter Blue, JUmat (12/05).

Hari ini Twitter telah memberikan pengumuman penting untuk pengguna setianya, di mana Elon Musk telah memberikan akses untuk pesan aman melalui enkripsi E2EE. Akses ini memberikan rasa aman kepada pengguna Twitter, karena pihak platform tidak akan bisa mengakses pesan yang telah dikirimkan melalui fitur DM di Twitter.

Bagi anda yang ingin menggunakan akses ini, maka anda akan mendapatkan keuntungan dari layanannya berupa akses untuk dapat mengunggah video dengan resolusi tinggi dan durasi yang lebih panjang, aktivitas utama yang akan disoroti, serta akses centang biru di akun Twitter pribadi.

Benar sekali! Untuk bisa mengakses fitur enkripsi aman di Twitter maka anda perlu untuk berlangganan di Twitter Blue. Fitur ini bekerja untuk kedua pengguna yang berlangganan, jadi jika anda ingin mengirimkan pesan aman ke penerima pesan, maka penerima setidaknya harus berlangganan juga untuk mengirimkan pesan dengan akses enkripsi yang sama.

Melalui gambar di atas, nantinya akan ada informasi di sela-sela percakapan bahwa pesan anda sedang dienkripsi denga naman. Pihak Twitter mengatakan bahwa mereka akan menjamin keamanan data pengguna melalui enkripsi ini. Tetapi ada beberapa data yang akan mereka simpan seperti Metadata, Receipent, Linked Content dan Creation Time.

“Encrypted messages will appear as separate conversations and are currently limited to one-to-one messages; this means no group chats for now. Other limitations of these messages include no protection from ‘man-in-the-middle attacks,’. The compulsory legal process means Twitter be able to compromise the conversation, and neither the sender nor the receiver would know. Messages and links will be encrypted by themselves, but metadata such as recipient, creation time, or linked content would not be.”

Entah nantinya Twitter Blue akan menaikan harga berlangganan mereka atau masih dibanderol dengan harga yang sama yaitu $8 USD/Bulan. Akses enkripsi yang sama juga telah digunakan untuk beberapa platform gratis seperti WhatsApp, iMessage di iOS dan Signal.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.