Travel  

Wujud Surga Dunia di Pulau Misool Raja Ampat

Wujud Surga Dunia di Pulau Misool Raja Ampat

cnbc-indonesia.com – Lokasi: Pulau Misool, Raja Ampat, Papua BaratMap: KlikDisiniHTM: –Buka/Tutup: –Telepon: –

Salah satu pulau terbaik di Papua adalah Pulau Misool Raja Ampat. Siapa yang tak tahu keindahan Raja Ampat, surga wisata bahari di timur Indonesia ini.

Pecinta olahraga air seperti diving dan snorkeling akan bahagia berada di Pulau ini. Pemandangan alam yang sungguh menkjubkan dan tak kalah indahnya pula pemandangan alam bawah lautnya.

Selain wisata alam, di Misool juga terdapat sejumlah peninggalan Kerajaan Misool dan pilihan wisata lain yang akan membuat Anda takjub. Bagi para backpacker yang ingin melakukan trip kemari, dijamin pulau misool tidak akan mengecewakan.

Indahnya Pulau Misool

Misool seperti sebuah surga kecil tersembunyi menyimpan keindahan alam luar biasa. Dari timur hingga barat terbentang pulau berbatu karang yang sangat indah. Luas wilayahnya mencapai 2.034 km².

Di Raja Ampat terdapat 4 pulau besar, salah satunya adalah Pulau Misool. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Seram serta lautan lepas menjadikan lokasi dimana para hewan laut besar bermunculan salah satunya adalah paus.

Banyak sekali pulau-pulau kecil disekitarnya yang tak berpenghuni. Berada disana bagaikan berada di pulau pribadi.

Keindahan alam bawah laut dapat diamati langsung dari permukaan tanpa bersusah payah menyelam. Warna airnya turquoise dengan kondiis yang sangat bening membuat segar mata memandang.

Sejauh mata Anda memandang hanya akan membuat takjub karena pemandangan disini luar biasa indah tak dapat diungkapkan lagi dengan kata-kata.

Hamparan laut, pasir putih, beningnya air, deretan pepohonan hijau dan mangrove membuat kesatuan panorama alam yang sangat indah.

Raja Ampat adalah salah satu lokasi segitiga karang didunia dengan koleksi biota laut mencapai 75% spesies ikan hias yang ada didunia.

Aktivitas di Pulau Misool

Aktivitas diving di pulau ini ada di beberapa titik. Jangan tanyakan lagi tentang pemandangan keindahan bawah airnya. Berbagai macam spesies terumbu karang, ikan, hiu, pari, penyu, dan biota laut lainnya ada di bawah perairan Pulau Misool.

Diving dan snorkeling tentu menjadi aktivitas paling menarik disini. Karena sayang sekali sudah sampai di Misool tidak menjelajahi keindahan kekayaan alam bawah lautnya.

Kapan waktu menyelam terbaik? Hampir sepanjang tahun adalah waktu menyelam yang baik di Misool kecuali musim hujan karena titik-titik air hujan akan cukup mengganggu.

Selain itu ada juga fasilitas boat trips. Menaiki boat trips akan memberikan Anda sensasi pengalaman berbeda menyisir eksotisme pulau yang masih perawan ini. Pemandangan sepanjang penyusuran akan membuat Anda berdecak kagum.

Aktivitas lainnya yaitu scuba diving atau populer juga dengan kayaking. Kemudian, berjemur, bersantai dan berenang. Pokonya semuanya adalah aktivitas pantai.

Pengalaman liburan Anda disini dijamin akan sangat berkesan. Belum tentu panorama seperti ini didapatkan di tempat wisata lain di belahan dunia ini. Rasanya sangat eksklusiv sekali ketika bisa berlibur di Raja Ampat terutama di Pulau Misool.

Selain pesona alam luar biasa, keanekaragaman budaya penduduk setempat juga memberikan pengalaman unik tersendiri.

Terdapat jejak peninggalan sejarah yang dapat ditemui di dinding-dinding gua berupa lukisan. Diperkirakan lukisan di dinding-dinding gua tersebut merupakan peninggalan nnek moyang suku di pulau ini.

Ada sejumlah desa di sekitar Misool yang juga menarik untuk ditelusuri. Kehidupan masyarakat yang mengandalkan laut memiliki budaya dan adat istiadat yang menarik untuk dipelajari.

Sembari menyusuri pulau, Anda dapat berinteraksi dengan warga lokal dan belajar mengenai hasanah budaya yang ada disini.

Lokasi menarik disini lainnya jangan sampai terlewatkan adalah tempat dimana misteri lukisan usia 5 ribu tahun. Nama lukisan ini adalah Petroglyph dengan bentuk ikan, tangan manusia dll. Warna lukisan didominasi warna merah.

Penemuan lukisan ini agak tersembunyi yaitu didalam labirin dari berbagai lguna serta bebatuan karst. Tempatnya sangat indah dan spesial karena keberadaan lukisan yang usianya ribuan tahun.

Hal lain wajib dilakukan lainnya ketika di Raja Ampat adalah hunting foto. Terdapat sebuah spot foto terkenal disini bernama Puncak Harfat. Letak Puncak Harfat tidak jauh dari P. Misool.

Anda dapat puas mengambil gambar-gambar keren atau video dengan background alam Raja Ampat, beningnya air dan deretan pulau pulai yang masih asri.

Tidak hanya Puncak Harfat, sebuah spot foto menarik lain adalah pantai-pantai yang ada disekeliling Misool. Salah atu pantai dnegan panorama terbaik adalah Pantai Gamfi.

Rute Jalan Menuju Pulau Misool

Untuk sampai disini dengan lancar, gunakan pesawat dengan rute perjalanan menuju Sorong. Kemudian transportasi yang digunakan adalah kapal yang setiap hari selalu standbye.

Bagi yang ingin agar cepat sampai di Pulau Misool, gunakanlah kapal Cantika Lestari dengan biaya perjalanan sebesar Rp. 200 ribu. Lama perjalanan dengan kapl ini sekitar 4 sampai 5 jam.

Jika budget pas-pasan atau untuk yang ingin merasakan sensasi menjadi warga lokal, gunakanlah KM. Fajar Indah, KM. Kurisi, dan Fajar Mulia dengan tarif Rp. 70 ribu. Lama perjalanan menggunakan kapal ini sekitar 10 jam.

Untuk para backpacker, manfaatkanlah peta untuk mencari lokasi menarik selama ada di Pulau Misool.

Penginapan

Ada sejumlah penginapan berupahotel, homestay atau resort disekitar Pulau. Homestay ini dikelola oleh warga setempat. Salah satu rekomendasi homestay terjangkau ada di Desa Harapan Jaya. Range harga permalam ada yang ratusan ribu saja.

Untuk yang memiliki budget cukup dapat menginap di Misool Eco Resort. Fasilitas resort sangat lengkap bahkan termasuk kedalam best resort around the world versi CNN. Akomodasi menjelajahi pulau-pulau di Raja Ampat juga tersedia di resort ini

Selama 7 hari menginap, sekitar 2000 USD atau sekitar Rp. 27,5 juta harus Anda keluarkan. Harganya cukup fantastis, namun jika Anda memiliki budgetnya, kenapa tidak?

Hidangan

Makanan khas Ppaua adalah sagu karena makanan pokok mereka memang bukan nasi namun sagu. Terdapat juga beragama menu makanan laut segar seperti olahan seafood, ikan bakar dan banyak lainnya.

Tips

Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda yang hendak berlibur ke Pulau Misool:

1. Sun protection: Bawa sun block atau sun screen agar menghindari kulit terbakar karena aktivitas outdoor

2. Uang tunai: Siapkan uang cukup untuk berlibur disini karena jarang ada mesin ATM.

3. Suntik atau minum obat malaria

4. Kunjungi saat waktu terbaik

Waktu terbaik ke Misool adalah ketika low season yaitu terjadi pada bulan Mei sampai September. Meskipun Anda dapat kesini di bulan apapun, namun saat bulan-bulan tersebut jarang wisatawan datang sehingga kondisi pulau tidak terlalu ramai.

Bagaimana, tertarik mengunjungi one of the best island in Indonesia? Jangan lupa siapkan budget cukup dan kondisi stamina tubuh fit.