cnbc-indonesia.com – Sebuah taman alam kota di kawasan Marina Bay, Gardens by the Bay , Singapura , adalah salah satu destinasi yang dapat kamu kunjungi saat pertama kali datang ke Negeri Singa.

Adapun Gardens by the Bay taman alam seluas 110 hektar yang terletak di Marina Bay Waterfront, dekat dengan Marina Reservoir.

Gardens by The Bay terdiri dari tiga taman tepi laut, yaitu Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Untuk mengunjungi taman seluas Gardens by the Bay, berikut ini tips yang perlu kamu perhatikan, seperti dirangkum oleh Kompas.com.

Tips berkunjung ke Gardens by the Bay

1. Cari tahu harga tiket

Bagi kamu yang berlibur dan tidak ingin kantong bocor, ada baiknya cari tahu dulu harga tiket mengunjungi Gardens by the Bay.

Pastikan pula membeli tiket di tanggal yang sudah kamu sesuaikan dengan rencana perjalananmu.

Harga tiketnya berbeda-beda tergantung taman di dalam Gardens by the Bay yang kamu kunjungi.

Dikutip dari website resmi, harga tiket untuk masuk ke Floral Fantasy dan konservatori adalah 50 dollar Singapura untuk dewasa (sekitar Rp 530.000).

Sementara untuk anak-anak, harga tiket dibanderol 24 dollar Singapura (sekitar Rp 254.000).

Lalu, harga tiket masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest adalah 28 dollar Singapura untuk dewasa (sekitar Rp 297.000) dan 15 dollar Singapura untuk anak-anak (sekitar Rp 159.000).

Kamu bisa membeli tiketnya dari jauh-jauh hari secara online melalui website Visit Singapore, aplikasi mobile Gardens by The Bay, atau website Gardens by The Bay.

2. Cukup minum

Mengingat tempatnya yang luas, jangan lupa untuk cukup minum, utamanya ketika kamu masuk ke area Flower Dome di Bay South Garden.

Flower Dome adalah area kebun yang paling populer di Gardens by the Bay seluas 1,28 hektar. Area hijau ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan konservatori lainnya di tempat itu.

Arsitekturnya dilingkupi dengan kaca-kaca estetik dan pemandangan Marina Bay beserta bianglala raksasa. Tempat ini memiliki 3.332 buah atap kaca dan bentangan taman dalam ruangan seluas 1,28 hektar.

Ada sekitar 30.000 tumbuhan dari 700 spesies dan lima benua di dunia yang bisa ditemui di Flower Dome.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyusuri Flower Dome yang mengambil beragam foto ciamik adalah sekitar 2-3 jam. Oleh karena itu, kamu perlu cukup minum sebelum menyusuri Flower Dome.

3. Pakai sepatu dan baju yang nyaman

Karena areanya yang luas, bisa dipastikan kamu akan kelelahan jika tidak memakai alas kaki yang tepat.

Selaim itu, temperatur udara di rumah kaca terbesar versi Guinness World Record tersebut sekitar 23 derajat Celcius sampai dengan 25 derajat Celcius.

Dengan begitu, pastikan pula kamu memakai baju yang nyaman untuk mengeksplor Flower Dome sesuka hati.

4. Pastikan cukup waktu

Tak bakalnnyaman rasanya jika berwisata dikejar-kejar waktu. Oleh karena itu, saat mengunjungi Gardens by The Bay, pastikan kamu punya waktu untuk mengeksplorasi sepuasnya.

Waktu yang direkomendasikan untuk menyusuri Flower Dome adalah sekitar 1-2 jam.

5. Patuhi aturan

Saat pandemi Covid-19 belum usai, pastikan kamu mematuhi peraturan protokol kesehatan di sana. Gardens by The Bay sendiri menyiapkan hand sanitizer di tiap sudut agar bisa digunakan saat dibutuhkan.

Lalu, pastikan kamu check in di pintu masuk konservatorium dengan memindai kode QR atas tiket yang sudah kamu beli. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh pemandu wisatamu maupun manajemen tempat wisata.