Travel  

5 Referensi Danau di Daerah Purwakarta Ini Selalu Bisa Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Maupun Mancanegara

5 Referensi Danau di Daerah Purwakarta Ini Selalu Bisa Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Maupun Mancanegara

cnbc-indonesia.com – Indonesia memang menyimpan banyak keanekaragaman tempat wisata, yang masing-masing memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri-sendiri. Yang paling terkenal adalah kebanyakan obyek wisata di bali.

Namun taukah anda, ternyata di pulau jawa tepatnya di purwakarta, sebagian dari kawasan wisatanya juga sering disambangi oleh para turis asing ?

Yap! 5 daftar obyek wisata danau dibawah ini, adalah yang paling terkenal di daerah purwakarta, dan selalu menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

1. Waduk Jatiluhur

Alamat: Desa Kutamanah, Sukasari, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa BaratHTM: Rp5000 Weekdays, Rp20.000 WeekendJam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Berjarak kurang lebih 9 km dari pusat kota purwakarta.

Merupakan sebuah danau buatan yang awal mulanya dimanfaatkan untuk budi daya ikan, pembangkit listrik, sumber air minum dan juga irigasi masyarakat sekitar.

Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat melihat adanya potensi tempat wisata apabila waduk jatiluhur ditambahi fasilitas untuk menarik perhatian wisatawan.

Dan ternyata benar saja, setelah dilengkapi fasilitas sarana akomodasi seperti perahu untuk mengelilingi danau, ski air, sarana rekreasi, perkemahan, area memancing dan lain-lain.

Tidak sampai disitu, bagi kalian yang belum puas menikmati keindahan disekitar waduk jatiluhur, bisa menginap di beberapa hotel dan vila terdekat.

2. Situ Wanayasa

Alamat: Desa Wanasari, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa BaratHTM: FreeJam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Berjarak kurang lebih sekitar 23 km dari pusat kota.

Bisa dikatakan bahwa danau yang memiliki ukuran seluas 7 ha ini merupakan obyek wisata paling diminati wisatawan domestik bahkan mancanegara. Namanya sudah sangat terkenal di kalangan para traveler.

Hal tersebut karena pemandangan indah di sekitar situ wanayasa, yang tenang, dikelilingi hijaunya pepohonan, lengkap dengan suhu udara yang lumayan sejuk, dijamin anda betah menghabiskan waktu lama disini.

Sepeda air, bebek kayuh, merupakan beberapa permainan, fasilitas di situ wanayasa. Setidaknya anda bisa melepaskan penat lelah di tempat ini dengan memanfaatkan fasilitas tersebut selama beberapa jam kedepan.

3. Waduk Cirata

Alamat: Plere, Purwakarta, Jawa BaratHTM: FreeJam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Danau buatan tersebut juga merupakan rekomendasi obyek wisata danau yang wajib anda kunjungi ketika sedang berada di purwakarta.

Selain karena harga tiket masuknya yang murah, fasilitasnya bisa dibilang sudah cukup lengkap. Sudah terbangun beberapa area restoran di dekat danau yang bisa anda nikmati sambil melihat ketenangan pemandangan cirata.

Danau cirata ini merupakan sumber air bagi 3 kabupaten. Yakni mengaliri bandung, cianjur dan tentunya purwakarta.

4. Situ Buleud

Alamat: Nagri Kaler, Kidul, Purwakarta, Jawa BaratHTM: FreeJam Buka: 24 JamMap: Klik Disini

Merupakan rekomendasi obyek wisata danau selanjutnya yang wajib anda datangi ketika sedang berada di purwakarta.

Asal usul nama buleud itu diambil karena danau tersebut luas dan bentuknya bulad. Dibaca dalam bahasa sunda buleud. Sangat simple.

Konon katanya, danau bulat ini merupakan tempat mandi para badak, ketika masih menjadi hutan belantara. Kemudian pada masa penjajahan colonial belanda, kawasan ini dijadikan tempat peristirahatan.

Sampai saat ini, ketika sudah ramai, situ buleud ini dijadikan obyek wisata dengan fasilitas lengkap. Ada yang memanfaatkan untuk olahraga, memancing atau hanya sekadar untuk melepas penat sejenak.

5. Danau Biru Situ Cilembang

Alamat: Desa Hariang, Buahdua, Sumedang, Jawa Barat 45392HTM: Rp2000/OrangJam Buka: 07.00-16.00Map: Klik Disini

Danau satu ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu warna airnya biru terang.

Suasana danaunya masih sangat alami, masih bersih karena obyek wisata ini menjadi salah satu yang mendapatkan pengawasan lebih dari pemerintah pengelola setempat.

Kawasan indah seperti ini cocok untuk dijadikan referensi tempat wisata anda selanjutnya.