Travel  

5 Aktivitas di Munggur Park Klaten, Lihat Sunset hingga Uji Nyali

cnbc-indonesia.com – Bagi wisatawan yang merindukan suasana pasar malam, obyek wisata yang satu ini bisa mengobati kerinduan kalian. Namanya adalah Munggur Park yang berada di Jalan Kaswari, Gatak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

General Manager Munggur Park Klaten , Ovick Raharja mengatakan, konsep Munggur Park Klaten adalah pasar malam dengan aneka wahana, yang dikemas secara modern serta dilengkapi dengan tempat bermain (playground).

“Konsepnya adalah wahana pasar malam yang kami kemas dengan modern dan menetap. Jadi, konsepnya taman bermain atau playground,” jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas saat berkunjung ke Munggur Park Klaten.

Jika berangkat dari luar kota, wisatawan bisa naik KRL Yogyakarta-Solo karena lokasinya dekat dengan Stasiun Delanggu. Jaraknya hanya sekitar 350 meter.

“Jadi kalau ke Munggur Park Klaten via KRL Yogyakarta-Solo, bisa jalan kaki dari Stasiun Delanggu, paling lima menit,” ucap Ovick.

Seperti layaknya pasar malam, Munggur Park Klaten buka dari sore hingga malam hari. Jam buka Munggur Park Klaten adalah 16.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Aktivitas wisata di Munggur Park Klaten

Berikut lima aktivitas wisata di Munggur Park Klaten seperti dirangkum Kompas.com.

1. Naik wahana

Pasar malam identik dengan aneka wahana permainan, begitu pula Munggur Park Klaten.

Pengunjung bisa menikmati aneka wahana permainan seperti jet coaster, kereta mini, gajah terbang, taman kelinci, rumah balon, taman Cappadocia, bianglala, kora-kora, trampolin, dan terbaru rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni.

“Wahana yang paling banyak diminati adalah bianglala, jet coaster, kora-kora, dan taman kelinci,” ungkap Ovick.

Ovick mengatakan pengunjung yang masuk ke Munggur Park Klaten tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, pengunjung harus membayar jika ingin naik wahana yang tersedia.

Adapun tarif wahana di Munggur Park Klaten beragam, namun masih terjangkau, yakni mulai dari Rp 3.000 per orang hingga Rp 20.000 per orang.

2. Lihat sunset

Sembari naik wahana, pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbenam (sunset) di Munggur Park Klaten.

Obyek wisata seluas 5.000 meter persegi ini memiliki daya tarik panorama senja yang indah dilengkapi dengan lanskap persawahan dan Gunung Merapi.

Oleh sebab itu, Ovick menyarankan pengunjung datang ke Munggur Park Klaten sebelum pukul 18.00 WIB. Jadi, pengunjung bisa menikmati panorama sunset di Munggur Park Klaten yang menawan.

“Tips-nya datang sebelum pukul 18.00 WIB, biar bisa menikmati senja karena lokasi kami di pinggir sawah, rel kereta api, dan bisa dapat view Gunung Merapi,” tuturnya.

3. Uji nyali di rumah hantu

Salah satu wahana yang banyak dikunjungi wisatawan remaja adalah rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni. Wahana uji nyali ini baru dibuka pada libur Tahun Baru 2023 kemarin.

Ovick mengatakan rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni mengambil inspirasi dari bekas pabrik karung goni yang terbengkalai di Delanggu, Klaten.

Menurutnya, cerita mistis di bekas pabrik karung goni Delanggu, Klaten sudah terkenal hingga ke luar kota.

“Konsep rumah hantu sendiri kami ambil dari ikon tempat paling mistis di daerah Delanggu, yaitu pabrik bekas karung goni. Banyak sekali cerita mistis di tempat itu yang sudah terkenal hingga ke luar kota,” ujar Ovick.

Ovick menyarankan wisatawan tidak datang sendiri saat hendak menjajal rumah hantu Misteri Pabrik Karung Goni.

“Kalau mau coba wahana rumah hantu jangan datang sendirian ajak teman. Kecuali memang ingin uji nyali,” katanya.

4. Beli makanan

Jika lelah berkeliling, wisatawan bisa mencicipi aneka kuliner yang tersedia di foodcourt Munggur Park Klaten.

Selain foodcourt, Munggur Park Klaten juga dilengkapi dengan fasilitas umum lainnya seperti mushola, toilet, area parkir, dan gazebo.

5. Hunting foto

Munggur Park Klaten memiliki panorama persawahan dan Gunung Merapi sehingga cocok menjadi lokasi hunting foto, utamanya saat sunset.

Selain pemandangan senja, pencinta fotografi bisa hunting foto suasana pasar malam yang gemerlap dengan lampu warna-warni.

Jika ingin hunting foto suasana pasar malam, Ovick menyarankan pengunjung untuk pulang malam hari. Alasannya, pengunjung bisa melihat warna-warni lampu di Munggur Park Klaten setelah pukul 18.00 WIB.

“Nanti setelah pukul 18.00 WIB baru terlihat pemandangan kemeriahan lampu yang cantik, karena kami memang konsepnya wisata malam,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!