Travel  

10 Daftar Pilihan Minuman Khas Riau Yang Unik dan Menyegarkan Wajib Untuk Dicoba

10 Daftar Pilihan Minuman Khas Riau Yang Unik dan Menyegarkan Wajib Untuk Dicoba

cnbc-indonesia.com – Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang kuliner lezat dan menggoda, mulai dari makanan, kue-kuean, jajanan sampai masakan tradisional.

Bukan hanya itu saja, provinsi beribukotakan Pekanbaru ini juga memiliki beraneka macam minuman enak dan masyarakat disana kerap memberinya dengan nama-nama unik.

Selain memiliki nama lucu-lucu, citarasa yang disajikan juga tak kalah unik. Beberapa diantaranya mungkin ada yg belum pernah kita coba dan hal itu tentu bisa menambah daftar buruan kulinermu saat berkunjung kesana.

Nah, supaya tidak penasaran, berikut JejakPiknik akan ulas beberapa daftar minuman khas Riau yang patut kamu cicipi lengkap beserta penjelasannya. Apa saja? Yuk disimak sampai habis!

1. Es Laksamana Mengamuk

Mungkin ketika mendengar nama minuman satu ini, kamu akan dibuat penasaran olehnya. Pasalnya, penamaannya begitu unik. Kira-kira apa sih alasannya disebut demikian? Apakah pembuatnya seorang laksamana atau mungkin yg membuatnya suka mengamuk?

Namun apapun alasannya, yang pasti Es Laksamana Mengamuk kesukaan masyarakat Melayu ini adalah sajian pelepas dahaga yg bisa kamu jumpai dengan mudah di setiap sudut kota Riau. Minuman tersebut aslinya berasal dari Pekanbaru.

Rasanya pun sangat segar karena resepnya menggunakan resep khusus, kamu akan dibuat tenang serta jauh dari kata “murka” saat meneguknya.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu cuma perlu kueni matang, yakni sejenis buah mangga, serta serutan es, santan segar dan susu kental manis.

Buat kamu yang ingin mencicipinya, Pondok Yurika di jalan DR.Soetomo adalah tempatnya. Disini, seporsi Es Laksamana Mengamuk hanya dihargai sekitar Rp.20.000 saja.

2. Es Air Mata Pengantin

Sudah pernah dengar nama minuman Es Air Mata Pengantin? Nah, ini adalah salah satu menu pelepas dahaga yg berasal dari provinsi Riau.

Diberi nama demikian karena konon katanya kerap disajikan ketika ada acara kebahagiaan seperti pesta pernikahan misalnya dan masyarakat sekitar menganggapnya sebagai simbol dari air mata kebahagiaan.

Hidangan ini cara pembuatannya cukup sederhana, begitupun dengan bahan-bahan bakunya. Cukup sediakan agar-agar putih, biji selasih, gula, sirup dan serutan es.

Bertandang ke Riau, meneguk Es Air Mata Pengantin sepertinya menjadi sebuah keharusan. Meski kerap dijadikan menu pada acara kebahagiaan tapi minuman tersebut cukup mudah ditemui.

Dan salah satu tempat yang menjualnya adalah RM.Patin H.M.Yunus di jalan Kaharudin Nasution, Riau. Varian Es Air Mata Pengantin disini aneka macamnya banyak dengan harga seporsinya kisaran 25 ribuan aja.

3. Es Sirup Mak Inang

Es Sirup Mak Inang khas Riau ini adalah salah satu jenis pelepas dahaga yang tak perlu diragukan lagi kesegarannya, karena bahan utama dalam pembuatannya menggunakan buah nanas.

Cara membuat sajian tersebut juga tergolong simple, dimana irisan buah nanasnya di masak bersama air sampai mendidih. Dan untuk penyajiannya, biasanya ditambahkan apel, sirup jeruk, agar-agar, biji selasih serta es batu agar semakin segar.

Es Sirup yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas ini juga mudah dijumpai di rumah-rumah makan di sekitar kota Riau dan harganya pun dipatok dengan sangat bersahabat.

4. Air Tebu Nostalgia

Cuaca yang begitu panas memang paling nikmat mengonsumsi minuman segar khas Riau, seperti Air Tebu Nostalgia contohnya. Sama seperti sebelumnya, teh ini juga memiliki nama yg cukup unik.

Memiliki citarasa cenderung manis, sajian anti dahaga ini bahan dasarnya terbuat dari air perasan tebu tanpa menggunakan tambahan pemanis buatan atau gula. Kesegarannya dijamin akan memuaskan tenggorokanmu.

Keistimewaannya lagi, Air Tebu ini dalam satu porsinya diberi tambahan seperti jahe, kelapa muda dan kacang tanah. Dinamakan demikian, agar setiap orang yang meneguknya merasa bernostalgia dengan rasanya.

Sebagai salah satu menu favorit masyarakat Riau, tidak sulit untuk menemukannya dan harganya juga sangat bersahabat dengan isi kantong.

5. Kopi Hawaii

Jika dilihat dari gambar, mungkin tampak biasa saja. Tapi jangan salah karena minuman yang namanya diambil dari nama sebuah kota di luar negeri ini citarasanya sangat menggoda.

Diramu dengan menggunakan resep khas dan tidak memiliki ampas, membuat kopi Hawaii ini banyak disukai orang.

Selain itu, ada hal yang unik pada kopi ini, yaitu cara membungkusnya. Dimana jika ada pelanggan yg meminta ingin dibawa pulang, maka kopinya akan dibungkus menggunakan kaleng bekas susu atau botol sirup, dengan tujuan agar rasanya tetap terjaga.

Minuman ini bisa kamu jumpai di warung-warung kopi di sekitar kota Pekanbaru dan umumnya dijual dengan harga yang relatif murah.

6. Es Samudera

Provinsi beribukotakan Pekanbaru ini memang tidak habis-habisnya menyuguhkan minuman segar dengan nama-nama yang unik, kali ini adalah Es Samudera.

Bukan hanya namanya saja, rasanya juga cukup unik. Minuman tersebut bahannya terbuat dari rumput laut, durian, santan dan sedikit gula pasir, garam, sirup serta potongan roti tawar.

Es Samudera yang kerap disajikan sebagai menu berbuka puasa ini selain harganya merakyat, untuk mendapatkannya juga tidak sulit karena bisa ditemui di restoran, kafe ataupun tempat-tempat makan lainnya.

7. Jus Telaga Tiga Warna

Jika jus pada umumnya hanya terdiri dari satu warna, maka di Kepulauan ataupun provinsi Riau kamu akan menemukan minuman cantik yang memiliki aneka warna.

Ialah Jus Telaga Tiga Warna, yakni merah, hijau dan kuning. Menurut sejarah asal-usul penamannya, nama minuman tersebut terinspirasi dari sebuah cerita rakyat yakni Telaga 3 Warna yang ada di kota Riau.

Kreasi jus ini bisa kamu cicipi di Sultan Resto yang berlokasi di jalan Ronggowarsito dan harganya hanya berkisar Rp.25.000 saja per gelasnya.

8. Es Lancang Kuning

Dalam sebuah makalah yang dikutip dari seorang budayawan yakni H. Tenas Effendy mengatakan bahwa lancing kuning adalah lambang atau tanda kegemilangan kota Riau.

Oleh karena itu, namanya banyak diabadikan dalam nyanyian, upacara pengobatan tradisional dan juga minuman khas di Riau, yaitu Es Lancang Kuning.

Minuman ini bahan dasarnya adalah aneka macam buah-buahan yang memiliki warna kuning seperti mangga, lemon dan nanas. Tak hanya namanya yang unik, rasanya juga.

Buat kamu yg penasaran bagaimana rasanya, bisa datang ke Sultan Resto di jalan Ronggowarsito dan cukup merogoh kocek Rp.20.000 saja buat menikmatinya.

9. Jus Melayu

Nah, minuman khas Riau yang satu ini juga terbilang sangat unik karena terdiri dari 4 warna yg disusun secara vertikal, yakni putih sebagai dasar, kemudian merah, kuning dan hijau.

Ke-empat warna tersebut didapat dari campuran antara buah sirsak, terong belanda, mangga serta alpukat. Selain tampilannya yang menggoda, rasanya pun sangat unik, ada asam juga manis.

Harganya per gelas biasanya dipatok kisaran Rp.15.000 dan kamu bisa mencicipinya di Pondok Masakan Melayu yang terletak di jalan Adi Sucipto, Riau.

10. Setup Tematu

Terakhir ada Setup Tematu, yakni salah satu minuman tradisional khas kota Bengkalis yang terbuat dari olahan buah nipah.

Buah nipah dalam bahasa Bengkalis disebut Tematu. Jadi kamu tahu kan kenapa minuman satu ini diberi nama seperti itu? Nah,terlepas dari asal-usul penamannya, sajian tersebut rasanya juga unik, mungkin kamu akan jatuh hati dibuat olehnya.

Setup Tematu bisa kamu jumpai di daerah Bengkalis dengan mudah. Harganya? Santai, yang pasti tidak akan membuat kantongmu jebol.

Itulah penjelasan beberapa minuman khas Riau yang wajib buat kamu cobain. Dari 10 daftar diatas, mana nih favoritmu?