Tips Menabung untuk Beli Tiket Konser, Self Reward Tanpa Bikin Boncos

Tips Menabung untuk Beli Tiket Konser, Self Reward Tanpa Bikin Boncos

cnbc-indonesia.com – Pascapandemi Covid-19, sejumlah festival musik dan konser kerap digelar di Indonesia. Mulai dari festival musik kecil hingga konser musik besar dari para musisi papan atas dan internasional.

Tak heran, acara musik tersebut kini dibanjiri peminat yang rindu dengan pengalaman menyaksikan musisi favorit tampil di atas panggung secara langsung, sekaligus sebagai self reward.Namun untuk menonton konser , bukan hanya kesiapan diri secara fisik saja yang diperlukan, tetapi juga keuangan yang harus siap sebelum “perang” mendapatkan tiket konser . Karena itu, kita perlu lebih pintar dan bijaksana dalam merencanakan keuangan agar tetap dapat membeli tiket konser para musisi kesukaan kita.Berikut beberapa tips untuk menabung agar bisa terus menonton konser musik :

Harga yang dipatok untuk satu tiket konser umumnya mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Namun harga tersebut belum termasuk dengan ongkos transportasi, pernak-pernik pendukung, biaya penginapan bila konser di gelar di luar kota atau jarak lokasi yang jauh, hingga biaya konsumsi. Untuk itu perlu ada rencana keuangan yang matang.Rencana keuangan ini dapat membantu kamu untuk bisa memperhitungkan setiap kebutuhan dan kemungkinan yang ada ketika pergi ke konser agar tidak kehabisan uang saat di jalan.

Ketika sudah mengetahui berapa besaran uang yang harus disimpan untuk satu kali nonton konser , setelah itu kamu dapat mempertimbangkan berapa banyak tabungan yang harus disisihkan atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang.Namun, tabungan untuk menonton konser harus dipisahkan dengan tabungan masa depan ataupun dana darurat. Pastikan kamu hanya memiliki satu tabungan khusus untuk menonton konser saja.

Menabung membutuhkan konsistensi yang tinggi agar mampu mencapai target keuangan yang direncanakan. Mungkin kamu akan dihadapkan dengan godaan untuk membeli pakaian baru atau sekedar order makanan via aplikasi, tapi jangan lakukan itu agar target tabungan untuk nonton konser kamu dapat tercapai dengan tepat waktu.Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang dapat dilakukan supaya kamu dapat terus menonton konser ataupun festival musik musisi-musisi favoritmu dan tidak takut ketinggalan momen.***