Bisnis  

Tips Berbisnis Tegel Klasik Ala Pemilik Brand WinART Solution

Tips Berbisnis Tegel Klasik Ala Pemilik Brand WinART Solution

cnbc-indonesia.com – – Winarno (51) asal Magelang, Jawa Tengah sebagai pemilik bisnis tegel klasik brand WinART Solution berbagi tips memulai bisnis tegel klasik untuk pemula .

Sekarang ini, proses produksi tegel klasik dilakukan di bengkel kecil-kecilan yang terletak di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Selain itu, Winarno dibantu oleh lima orang pekerja serabutan dalam proses pembuatannya.

Seiring berjalannya waktu ia mendapatkan pesanan dari berbagai daerah dan pulau, seperti Bali, Lombok, Riau, dan Kalimantan. Tidak hanya itu, banyak pejabat dan orang penting yang ikut memesan.

Setelah mengetahui hal tersebut, apakah Kamu tergiur untuk memulai bisnis yang sama dengan pemilik brand WinART Solution? Berikut ini beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk memulai bisnis tegel klasik.

Inovasi dan kreatif menciptakan motif baru

“Di zaman sekarang ini kan bisnis harus kreatif, bisa menciptakan motif-motif baru. Selama ini mungkin tegel klasik mengadopsi dari seni batik. Di mana yang kita kenal batik dituangkan ke dalam kain, kalau tegel dituangkan ke dalam cetakan semen,” kata Winarno ketika dihubungi oleh Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Ia mengatakan, terdapat banyak motif batik seperti motif sidomukti dan kawung. Oleh karena itu, untuk generasi muda yang ingin mencoba menekuni dunia tegel harus bisa kreatif menciptakan motif-motif yang baru.

Tidak hanya itu, berinovasi juga harus dilakukan supaya pelanggan tidak merasa bosan.

Selalu memanfaatkan momen

Winarno mengatakan, selalu memanfaatkan momen yang ada dengan mengangkat isu-isu nasional.

“Seperti kemarin pas pandemi corona, saya menciptakan tegel motif corona. Setelahnya saya juga menuangkan hasil tegel dengan motif piala dunia 2022 di Qatar dan menjelang pemilu membuat tegel motif partai peserta pemilu 2024 ternyata luar biasa responnya,” jelas Winarno.

Dengan memanfaatkan momen untuk membuat motif tegel, generasi muda juga bisa mengetahui adanya tegel klasik.

Menerima request custom

Selanjutnya tips yang tak kalah penting adalah menerima request custom dari para pelanggan. Tujuan menerima request custom adalah supaya bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

“Saya kan menerima request custom sesuai dengan permintaan. Sekarang sudah mulai orang-orang daerah memesan tegel yang identik dengan batik daerahnya seperti batik batik megamendung dari Cirebon dan motif tenun rote ndao dari Nusa Tenggara Timur,” kata Winarno.

Selain menerima request custom, Winarno juga menciptakan motif tegel sendiri dan rata-rata sekarang ini mulai banyak mengangkat motif-motif daerah.