Tanggal 26 Mei Memperingati Hari Apa?

Tanggal 26 Mei Memperingati Hari Apa?

cnbc-indonesia.com – Tanggal 26 Mei 2023 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Georgia .

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 26 Mei 2023.

Hari Kemerdekaan Georgia

Setiap tanggal 26 Mei diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Georgia. Georgia memiliki histori yang panjang dalam memperoleh kemerdekaan.

Selama lebih dari satu dekade, kekaisaran Rusia memerintah negara bagian Georgia sampai Revolusi Rusia tahun 1917.

Setelah revolusi, pada tahun 1918, Republik Federasi Demokrat Transkaukasia dibentuk di Kaukasia. Itu adalah persatuan singkat yang terdiri dari sebagian besar wilayah Armenia, Azerbaijan, dan Georgia, serta sebagian Rusia dan Turki.

Negara bagian ini hanya bertahan sebulan karena Georgia kemudian mendeklarasikan kemerdekaannya pada 26 Mei 1918.

Hari Maaf Nasional

Hari Maaf Nasional dirayakan pada tanggal 26 Mei tiap tahunnya di Australia. Hari Maaf Nasional bertujuan untuk mengakui kekuatan para penyintas.

Hari Maaf Nasional di Australia ini dilatarbelakangi oleh hasil penyelidikan pemerintah atas penculikan anak di abad ke-20. Kasus ini cukup terkenal di Australia hingga kemudian membuat Parlemen Australia merekomendasikan gagasan permintaan maaf tanpa pamrih.

Permintaan maaf resmi datang pada 2008 ketika Kevin Rudd menjadi Perdana Menteri. Mantan Perdana Menteri John Howard

Meskipun tanggal ini didedikasikan untuk masyarakat Aborigin dan Kepulauan Selat Torres lainnya namun tanggal ini juga diperingati oleh warga Australia di seluruh negeri.

Hari Rambut Merah Nasional

Mewarnai rambut bukan lagi menjadi hal yang tabu di era ini. Namun adanya Hari Rambut Merah Nasional untuk didedikasikan pada para wanita yang berani mewarnai rambutnya dengan warna merah.

Dalam peradaban kuni rambut merah sering digeneralisasikan sebagai simbol kejahatan, vampir, dan penyihir. Namun seiring perubahan zaman simbol itu berubah.

Festival rambut merah berlangsung di seluruh dunia dari Belanda hingga Israel.