Tak Hanya Medis, Jemaah Haji Juga Dapat Terapi Spiritual

GenPI.co – Tak hanya pengobatan medis, jemaah calon haji yang sakit juga mendapat terapi spiritual.

Jemaah calon haji yang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah diberi terapi gabungan perawatan medis dan terapi spiritual Thibbun Nawabi untuk mempercepat penyembuhan pasien.

“Cara pengobatan ala Rasulullah untuk pencegahan dan healing secara spiritual. Mudah-mudahan dengan itu penyembuhan pasien lebih cepat,” ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Budi Sylvana, dilansir dari Antara, Minggu (3/7).

BACA JUGA:  Jemaah Haji Bisa Adukan Masalah Pelayanan Ibadah Lewat Cara ini

Budi mengatakan, pengobatan spiritual secara Islami tidak menghilangkan perawatan medis.

“Memang baru kali ini kita lakukan dikombinasikan, tetapi terapi utama tetap medis supaya obat dan tindakan yang diberikan pasien tidak menolak,” katanya.

BACA JUGA:  Biaya Haji Lebih Irit Jika Berangkat dari Aceh, Kata DPR RI

Sementara itu, Tim Dokter KKHI Mekkah Suzy Indharty mengatakan, dalam penanganan luka, jika pasien merasa takut atau cemas, tahap pertama dianjurkan membaca Al Fatihah dan rukiah.

Tak hanya pasien, pendamping pun diminta ikut membaca Al Fatihah. Dengan itu, diharapkan akan ada penurunan panik serta pengurangan rasa sakit.

BACA JUGA:  Wapres Maruf Amin Ikhlaskan Dana Haji Dipakai Pemerintah, Hoaks

Kemudian, lanjut Suzy, secara rutin setiap hari pasien diberikan air zamzam yang bertujuan untuk memperbaiki luka dan menambah cairan tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.

Tinggalkan Balasan