Sudah Terpilih, Logo Baru IKN Segera Diumumkan Presiden Jokowi

Sudah Terpilih, Logo Baru IKN Segera Diumumkan Presiden Jokowi

cnbc-indonesia.com – Pemerintah telah memilih logo baru untuk Ibu Kota Nusantara ( IKN ) dan akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dalam waktu dekat.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, logo IKN yang terpilih ini berhasil mengantongi suara voting terbanyak dari masyarakat umum.

“Kami sudah menutup pemilihan logo menjawab beberapa hari lagi yang nanti akan diumumkan oleh Pak Presiden, sudah terpilih logo dengan vote terbanyak,” ujarnya saat membuka acara Membedah Peluang Investasi di IKN, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Sebelumnya, terdapat lima kandidat logo IKN yang diseleksi dengan metode voting. Adapun voting ditutup pada 20 Mei lalu dan tercatat lebih dari 500.000 orang yang mengikuti voting.

Pemilihan logo ini diselenggarakan secara terbuka agar seluruh pihak dapat terlibat langsung dalam proses persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

“Kita libatkan semua masyarakat untuk ikut serta dalam suatu perjalanan yang menurut saya cukup historis yaitu memilih logo,” ucapnya.

Kelima kandidat logo IKN tersebut, yaitu:

1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.

2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.

3. Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dia merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.

4. Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.

5. Wildan Ilham, co-founder Workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

“Logo ini nanti akan terbawa terus sampai kemudian hari, saya kira lebih dari 500.000 orang sudah berpartisipasi adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk kita semua agar IKN Nusantara ini insya Allah ke depan akan menjadi ibu kota negara yang sama-sama kita banggakan,” tuturnya.