Sepeda Helios yang Dipakai Aiman Merebut Medali, Desainnya Terinspirasi Tetesan Air Hujan

Sepeda Helios yang Dipakai Aiman Merebut Medali, Desainnya Terinspirasi Tetesan Air Hujan

cnbc-indonesia.com – Nama Aiman Cahyadi mungkin sudah tak asing lagi bagi penggemar sepeda Indonesia. Beberapa kali mengharumkan nama bangsa di berbagai kejuaraan internasional, Aiman kembali menjadi perbincangan hangat setelah menyabet King of the Mountains (KOM) pada Tour of Sharjah di Uni Emirat Arab pada Januari lalu.

Aiman memulai karirnya dalam dunia sepeda sejak tahun 2008. Saat itu ia menekuni disiplin MTB dan memenangkan berbagai kejuaraan regional hingga nasional dan akhirnya berpindah ke disiplin road race pada 2011.

Aiman sebelumnya telah memenangkan medali emas pada Sea Games 2019 di Filipina, dan perak pada Sea Games 2021 di Vietnam.

Pada tahun 2023, Aiman memutuskan untuk bergabung dengan Terengganu Polygon Cycling Team (TSG) dan melebarkan sayapnya pada berbagai ajang balap sepeda Internasional.

Dalam Sea Games 2023 Aiman kembali menyumbangkan medali perak dari cabang olahraga sepeda balap pada nomor Road Race Mass Putra.

Kejuaraan yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reaps pada 12 Mei 2023 lalu itu terbagi atas 6 lap dengan jarak total 150,6 kilometer.

“Bersyukur, bisa kembali meraih medali perak. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah membantu saya sampai titik ini. Terima kasih kepada pelatih, staf, semuanya yang sudah membantu saya,” ucap Aiman selepas pengalungan medali.

Aiman menempati posisi dua setelah beradu kecepatan sengit dengan pembalap asal Malaysia, Nur Amirrul Fakhruddin Mazuki, dengan catatan waktu identik 3 jam 22 menit 50 detik. Sementara posisi ketiga diraih oleh pembalap asal Filipina, Ronald Oranza, dengan catatan waktu yang sama.

Dadang Haries Poernomo, pelatih timnas balap sepeda, mengungkapkan bahwa semua tak lepas dari kekompakan tim dalam menjalankan strategi.

“Kami menjalankan strategi yang berbeda dan akhirnya Aiman jadi andalan untuk bisa menyelesaikan lomba di posisi depan. Memang sprinter Malaysia lolos ke depan dan Aiman kalah tipis. Untung kembali mendapatkan medali,” ucap Dadang.

Pencapaian Aiman ini menjadikan cabang sepeda balap bersinar selama Sea Games 2023 setelah penampilan terbaik dari tim XC yang dipertandingkan pada 6-8 Mei lalu.

Indonesia juga menjadi juara umum di cabang olahraga balap sepeda Sea Games 2023 dengan total perolehan medali 5 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Sepeda dalam negeri

Adapun para peraih medali ini menggunakan sepeda buatan dalam negeri, yakni Polygon yang pabriknya berada di Sidoarjo, Jawa Timur.

Aiman Cahyadi sendiri menggunakan frame merah-putih dari Polygon Helios . Sepeda race proven ini tentu sudah tak asing lagi bagi penggemar sepeda.

Dengan inovasi frame lightweight carbon-nya, Helios memberikan performa aerodinamis serta power transfer yang maksimal.

Road bike ini memiliki bentuk yang dirancang untuk memotong udara tanpa meninggalkan turbulensi, sehingga bisa melaju lebih cepat.

Bentuk sepeda ini secara keseluruhan terinspirasi dari tetesan air hujan yang mencari cara paling efisien untuk menembus udara.

Bentuk aerodinamis Helios membuatnya mampu mengurangi hambatan sebesar 31% dibandingkan desain generasi sebelumnya.

Di situs Polygon, Helios dijual seharga Rp 34 juta hingga Rp 95 juta.