Sandiaga Bantu Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Olahan Lidah Buaya

loading…

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri pelatihan pengolahan lidah buaya, di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat. FOTO/Istimewa

KALBAR – Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) menggelar pelatihan pengolahan lidah buaya (aloe vera) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pelatihan ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno .

Sandiaga mengatakan, pelatihan pengolahan lidah buaya ini menjadi penting diberikan ke masyarakat, terutama emak-emak. Sebab produk olahan lidah buaya ini dapat dijadikan produk kecantikan. Jika dilihat dari segi bisnis, produk itu dinilai tidak mudah redup.

“Pelatihannya adalah pengolahan tanaman lidah buaya yang banyak sekali di sini, aloe vera menjadi sabun untuk kecantikan. Pelatihan ini kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan. Nah, kalau penghasilan meningkat, biaya hidup kita bisa penuhi. Ini langkah tegas dan konkret dari Gemawira adalah untuk menciptakan lapangan kerja,” jelas Sandiaga, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Teman Sandi Gelar Kegiatan di Yogyakarta, Warga Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024

Selain itu, kata Sandiaga, untuk memproduksi produk kecantikan dari lidah buaya ini tidak membutuhkan modal yang besar. Karena lidah buaya ini merupakan tanaman rumahan yang bisa langsung dimanfaatkan.

“Begitu punya produk aloe vera setelah pelatihan ini, nanti Gemawira bisa langsung membeli. Karena Gemawira punya jaringan yang luar biasa. Yang penting saya ingin pastikan bahwa ini akan membantu ekonomi keluarga,” tutur Sandiaga.

“Dan tahun ini kami menargetkan terciptanya 1,1 lapangan kerja baru dan berkualitas oleh para UMKM di Parekraf, dengan target 2024 yakni 4,4 juta lapangan kerja baru,” lanjutnya.

Sandiaga Bantu Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Olahan Lidah Buaya

Sementara, Ketua Gemawira Kalimantan Barat, Susi Megawati mengatakan, para peserta yang didominasi oleh emak-emak bisa menciptakan ekonomi baru di dalam lingkungannya dengan keterampilan setelah pelatihan ini.

“Antuasias para peserta sangat luar biasa. Apalagi tau juga emak-emak akan datang Pak Menteri pada hari ini sehingga bisa mendorong semangat para emak-emak untuk mengikuti pelatihan ini,” kata Susi.

Baca Juga: Hadirkan Kebutuhan Masyarakat, Sandiaga Uno Optimistis Cetak 4,4 Juta Lapangan Kerja Tahun 2024

Hal lain, Susi menilai Sandiaga telah memiliki bukti nyata dalam penciptaan lapangan kerja dan membantu UMKM di Indonesia. Berkat kerja keras dan inovasinya, Sandiaga mampu mengembangkan usahanya sehingga tercipta peluang kerja yang luas.

Sandiaga Bantu Warga Kubu Raya Tingkatkan Penghasilan Lewat Olahan Lidah Buaya

“Pak Sandiaga ini merupakan sosok yang luar biasa, bekerja keras, dan inovatif seperti cerita beliau yang tadinya memiliki karyawan hanya tiga orang lalu dikembangkan saat ini sudah memberikan peluang kerja sebanyak 30 ribu orang. Sehingga kita berharap seperti itulah yang menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya,” tambah Susi.

(nng)

Artikel ini bersumber dari ekbis.sindonews.com.

Tinggalkan Balasan