Samsung gandeng BMW luncurkan kunci mobil digital di Brazil

Samsung gandeng BMW luncurkan kunci mobil digital di Brazil

cnbc-indonesia.com – Samsung dikabarkan telah meluncurkan kunci mobil digital di Brazil setelah bermitra dengan perusahaan otomotif BMW.

Kunci digital itu dapat mulai digunakan untuk ponsel Galaxy S series dimulai dari Galaxy S20 hingga Galaxy S23 yang tentunya telah kompatibel dengan sistem operasi Android 13.

Dalam laporan ArenaEV, Jumat (19/5), selain ponsel series S, beberapa ponsel lainnya yang dapat memanfaatkan fitur tersebut di antaranya Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, Galaxy Z Fold mulai dari Fold 2, serta Galaxy Z Flip mulai dari Z Flip 5G hingga Flip 4.

Saat ini mobil yang telah kompatibel dengan kunci digital yang dihadirkan Samsung terdiri atas dua model yakni BMW iX3 dan iX, keduanya merupakan kendaraan listrik.

Kunci Mobil Digital bisa diakses oleh pengguna melalui layanan Samsung Wallet yang telah dilengkapi sistem keamanan eSE (Embedded Secure Element) sehingga bisa melindungi data sensitif menggunakan sistem enkripsi.

Tentunya teknologi Samsung Knox juga ikut memberikan perlindungan ekstra sebagai bagian dari keamanan Samsung.

Pemilik BMW memiliki dua opsi untuk membuka kunci kendaraan mereka, baik melalui NFC atau UWB.

Saat menggunakan NFC berarti pengguna dekat dengan kendaraan dan bisa menyentuhkan ponselnya ke mobil untuk terhubung dengan NFC.

Sementara untuk UWB, merupakan opsi membuka kunci dengan pemanfaatan komunikasi Ultra Wideband yang menjadi solusi untuk jarak jauh.

Samsung mengklaim bahwa UWB menawarkan akurasi yang jauh lebih tinggi dan dapat mencegah gangguan sinyal atau intersepsi sinyal berkat platform komunikasi canggih.

Terkait dengan kunci digital, Samsung sebenarnya telah bermitra dengan BMW, Audi, Ford, Hyundai, Kia, dan Genesis tetapi belum ada kendaraan Audi atau Ford yang mendukung fitur tersebut.

Sementara itu selain BMW, telah ada Genesis dengan dua model mobilnya, serta Hyundai dan KIA yang masing-masing memiliki satu model yang mendukung Digital Car Key dari Samsung.