Bisnis  

Raup Omzet Puluhan Juta dari Bisnis Parfum, Begini Tipsnya

Raup Omzet Puluhan Juta dari Bisnis Parfum, Begini Tipsnya

cnbc-indonesia.com – KOMPAS.com – Beberapa tahun belakangan ini merek-merek parfum lokal mulai banyak yang bermunculan. Hal tersebut menjadi bukti minat masyarakat atas parfum-parfum lokal semakin meningkat sejalan dengan varian yang beragam dan kualitas yang tinggi.

Bisnis parfum juga semakin diminati karena dapat memberikan keuntungan yang besar. Selain itu, bisnis ini juga memiliki prospek yang menjanjikan.

Namun, untuk sukses dalam lini bisnis parfum bukanlah hal mudah, terutama jika Anda baru pertama kali memulainya. Membangun bisnis parfum sendiri dari 0 memang bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan ketekunan, konsistensi, keahlian, dan pengetahuan yang tepat. Dengan modal-modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut jadi bisnis yang menguntungkan. Berikut ini beberapa tips sukses membangun bisnis parfum yang bisa bagikan dari Cermati.com:

1. Coba Siasati Biaya Produksinya

Langkah pertama, coba siasati harga bahan dan juga biaya produksinya supaya parfum tersebut bisa dijual dengan harga lebih murah. Belilah bibit parfum berkualitas yang harganya terjangkau, bisa bibit parfum import maupun lokal.

Untuk bibit parfum import (asing) harganya sendiri berkisar antara Rp 400.000 – Rp 2.000.000 per kilogramnya. Harga pastinya tergantung pada kualitas, merek, dan varian bibitnya.

Kalau ingin dapat harga yang lebih murah, coba beli bibit lokal saja yang harganya sekitar Rp 200.000- Rp 500.000 per kilogram. Jika Anda baru mau coba-coba beli saja secara eceran, yang harganya berkisar antara Rp 2.000 – Rp 3.000 per cc.

Sampaikan juga pada pedagang tersebut bahwa Anda akan menjadikannya sebagai bahan baku untuk jualan supaya bisa dapat harga lebih murah. Beberapa pedagang biasanya juga akan memberikan diskon pada penjual parfum yang beli bibit dalam jumlah banyak.

2. Campur dalam Komposisi yang Sesuai

Supaya bisa jadi minyak wangi, bibit parfum harus dicampur terlebih dahulu dengan cairan pengencer. Untuk cairan pengencer yang biasanya digunakan adalah alkohol khusus untuk minyak wangi, glycol, propylene glycol, hingga methanol.

Ketika mencampurkan bibit dan cairan pengencer, pastikan komposisinya sudah sesuai ya supaya wangi parfumnya pas. Perbandingan komposisi yang ideal biasanya 1:1. Terlalu banyak menggunakan pengencer akan membuat wanginya tidak tahan lama.

Nah, untuk pengencer harganya juga bervariasi tergantung jenisnya. Umumnya, alkohol tingkat 1 seharga Rp 13.000/liter, alkohol tingkat 2 Rp 4.000/liter, dan heksilin glycol Rp 20.000- Rp 25.000/liter.

3. Cari Wadah Botol yang Estetik

Sebagai wadah parfum, nantinya pasti membutuhkan botol agar parfum tampak lebih elegan dan menarik. Botol ini bisa dibeli dari toko khusus dengan beragam harga. Agar tampilannya makin estetik, pilihlah botol kaca yang punya tampilan minimalis elegan. Selain itu, ini juga untuk meningkatkan harga jualnya.

4. Pilih Niche Market yang Tepat

Langkah selanjutnya, jangan lupa untuk menentukan niche market atau target pasar spesifik yang tepat. Hal ini penting karena akan mempersempit dan membuat target konsumen potensialnya jadi lebih spesifik.

Alhasil proses produksi dan pemilihan bahan parfumnya bisa makin disesuaikan dengan konsumen potensial yang diincar. Contohnya, Anda dapat memilih niche market parfum yang cocok untuk anak muda atau parfum yang cocok untuk perempuan karier. Dengan memilih niche market yang tepat, Anda dapat menarik pelanggan dengan lebih mudah.

5. Berikan Harga yang Kompetitif

Harga yang kompetitif akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk parfum yang ditawarkan. Pastikan juga harga parfum tersebut sesuai dengan kualitas produknya ya.

6. Jangan Lupa Promosi dengan Inovatif

Promosi adalah kunci sukses dari segala jenis bisnis, termasuk bisnis parfum. Gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter untuk mempromosikan brand parfum tersebut. Selain itu, lakukan juga promosi dengan cara memberikan diskon atau promo khusus untuk pelanggan.

7. Tawarkan Layanan yang Baik

Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih berpeluang untuk membeli kembali. Pastikan sudah memberikan layanan yang baik seperti memberikan informasi yang akurat tentang produk, menjawab pertanyaan pelanggan dengan ramah, dan lain sebagainya.

Bisnis parfum dapat memberikan keuntungan yang besar jika dikelola dengan baik. Dengan mengikuti tips diatas, Anda dapat memulai bisnis parfum yang sukses, semoga informasi diatas bermanfaat ya.