Ratusan Petugas DKM Dilatih Menyembelih Menjelang Iduladha

GenPI.co Jabar – Dinas Kesehatan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung melatih 780 petugas Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam rangka persiapan Iduladha, 10 Juli 2022.

Dalam kegiatan ini, para petugas DKM mendapat pelatihan untuk memotong hewan kurban yang tepat dan memilih daging terbaik.

Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung, Ermariah menyatakan, 157 petugas dari pihaknya bakal diturunkan mulai dari Iduladha sampai tasyrik untuk memeriksa postmortem atau pascapenyembelihan.

BACA JUGA:  Langkah Pemkot Cimahi Antisipasi PMK Jelang Iduladha

“Selama empat hari, ada 91 petugas ASN dan 66 petugas non-ASN yang menyebar ke 30 kecamatan di Kota Bandung untuk memeriksa postmortem hewan kurban. Kita akan usahakan sebanyak mungkin untuk keliling memeriksa lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban,” ujar Erma, dikutip dari laman resmi Pemkot Bandung, Jumat (1/7).

Dalam hal skala prioritas, dia menyebut masjid besar akan dilebih dahulukan karena biasanya memotong hewan kurban lebih banyak.

BACA JUGA:  Menjelang Iduladha, Harga Hewan Kurban di Bogor Mulai Naik

“Kita dahulukan lokasi yang memotong lebih banyak, biasanya di masjid besar seperti Masih Raya Bandung dan Masjid Al Ukhuwah,” ucapnya.

Selain itu, dalam menilai daging layak dikonsumsi atau tidak, harus ada pemeriksaan sebelum dipotong.

BACA JUGA:  Kondisi PMK di Kuningan Mengkhawatirkan Jelang Iduladha

Selesai itu, baru dilihat dari proses penyembelihannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari jabar.genpi.co.

Tinggalkan Balasan