Populer Internasional: MBS Balas Ucapan Biden hingga Hari ke-100 Demo di Sri Lanka

Populer Internasional: MBS Balas Ucapan Biden hingga Hari ke-100 Demo di Sri Lanka

Jeddah: Pemimpin de facto Arab Saudi Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) membalas Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang mengungkit kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi saat keduanya bertemu di Jeddah pada Jumat kemarin.
 
Balasan ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Senin, 18 Juli 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah jatuhnya pesawat yang membawa kargo berbahaya di Yunani dan seputar aksi unjuk rasa menentang krisis ekonomi di Sri Lanka.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya:

MBS Balas Ucapan Biden yang Mengungkit Pembunuhan Khashoggi di Jeddah

MBS membantah ikut bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Turki pada 2018. Sementara Biden mengaku tidak bisa menerima pernyataan tersebut karena data intelijen AS menyebutkan adanya keterlibatan MBS.
 
Sang putra mahkota kemudian membalas ucapan Biden dengan mengungkit mengenai pelecehan seksual dan fisik yang diduga dilakukan personel militer AS terhadap narapidana di penjara Abu Ghraib di Irak. MBS juga mengungkit kasus pembunuhan jurnalis Palestina-AS Shireen Abu Akleh di Tepi Barat.
 
Menurut MBS, dua kasus tersebut merupakan contoh dari “kesalahan-kesalahan” AS.
 
Apa lagi yang disampaikan pihak Arab Saudi terkait tuduhan Biden? Cek selengkapnya di sini.

8 Warga Ukraina Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Kargo di Yunani

Sebuah pesawat kargo yang membawa muatan “berbahaya” dari Serbia ke Bangladesh telah jatuh di dekat kota Kavala, Yunani pada Sabtu malam, 16 Juli. Sejumlah foto yang diambil dari pesawat nirawak (drone) memperlihatkan puing pesawat Antonov An-12 di sebuah area terbuka.
 
Otoritas Yunani mengatakan ada delapan kru di dalam pesawat tersebut, dan juru bicara Kementerian Ukraina mengonfirmasi bahwa semuanya adalah warga negara Ukraina.
 
Menteri Pertahanan Serbia Nebojsa Stefanovic mengatakan bahwa pesawat tersebut mengangkut 11,5 ton produk untuk industri pertahanan.
 
Apa saja produk pertahanan yang dimaksud Stefanovic? Cek selengkapnya di sini.

Aksi Protes Mengecam Krisis Ekonomi Sri Lanka Masuki Hari ke-100

Aksi protes mengecam krisis ekonomi di Sri Lanka telah memasuki hari ke-100 pada Minggu, 17 Juli 2022. Gerakan masif ini telah berhasil melengserkan seorang presiden, dan masyarakat kini mengalihkan perhatian mereka ke sosok baru yang diharapkan mampu mengeluarkan Sri Lanka dari jurang krisis.
 
Unjuk rasa dalam melengserkan Gotabaya Rajapaksa dari kursi kepresidenan menyatukan masyarakat Sri Lanka dari berbagai kalangan. Bergerak bersama dalam satu kesatuan, minoritas Tamil dan Muslim di Sri Lanka bergabung dengan etnis Sinhalese dalam mendorong keruntuhan klan Rajapaksa.
 
Apa lagi detail seputar kondisi di Sri Lanka saat ini? Cek selengkapnya di sini.
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan