Pemkab Lamongan Gelar Acara Meriahkan Awal Tahun Baru Islam 1444 H

Pemkab Lamongan Gelar Acara Meriahkan Awal Tahun Baru Islam 1444 H

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Setelah dua tahun tak bisa merayakan pergantian tahun baru Islam karena pandemi Covid -19, akhirnya tahun ini Pemkab Lamongan bisa merayakan 1 Muharram 1444 Hijriah.

Berbagai kegiatan yang dibungkus dalam serangkaian acara Lamongan Muharram Festival, mulai dari bazar UMKM dan OPOP hingga dilaksanakannya kembali pawai ta’aruf, Jumat (29/7/2022) malam.

Sore hari sebelum malam hiburan dan pawai ta’aruf, ditandai dengan acara seremonial, detik-detik pergantian tahun baru Islam 1444 H di Alun-alun Lamongan.

“Kita membudayakan kegiatan ini, karena hampir 99 persen lebih masyarakat Kabupaten Lamongan ini beragama Islam, sehingga sudah sangatlah wajar kita menyambut tahun baru hijriyah ini dengan kita memeriahkannya melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

Tidak hanya kegiatan detik-detik pergantian tahun, malamnya dilanjutkan dengan pawai ta’aruf, bazar, musik gambus dan nasyid.

Melalui tema ‘Hijrah Bersama Menuju Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan’, Yuhronur yang didampingi anggota Forkopimda mengajak masyarakat Lamongan untuk memiliki spirit hijrah untuk terus berkembang menjadi lebih baik, secara lahir maupun batin.

“Sesuai dengan tema pada hari ini, spirit pergantian tahun Hijriyah 1444 ini, dengan semangat hijrah kita sambut kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” katanya.

Melalui perayaan 1 Muharram 1444 Hijriah, diharapkan mampu memunculkan rasa kepemilikan umat Islam Indonesia utamanya Lamongan terhadap tahun baru Islam.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lamongan mengucapkan selamat tahun baru Hijriyah 1444, mudah-mudahan di tahun 1444 H nanti akan senantiasa lebih baik lagi, baik dalam keimanan, ketakwaan kepada Allah SWT, ” ungkapnya.

Yang tidak kalah penting berdoa, semoga masyarakat Lamongan akan terus menjadi masyarakat yang sejahtera lahir dan batin.

Detik-detik pergantian tahun hijriyah ini juga ditandai pembacaan do’a akhir tahun oleh Ketua MUI Lamongan, KH. Abdul Aziz Khoiri, dan pembacaan do’a awal tahun yang dipimpin oleh FKUB, KH. Masnur Arif.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pawai ta’aruf, yang diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Lamongan.

Adapun pemenang dalam pawai ta’aruf peringatan tahun baru Islam 1444 H Lamongan yakni, juara pertama SMPN 1 Lamongan, juara 2 SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, juara 3 Ponpes Al Mizan Lamongan, harapan 1 SMAN 1 Lamongan, dan harapan 2 dari Kecamatan Kembangbahu.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan