Tiga Galaksi Akan Bertabrakan, Penampakannya Tertangkap Teleskop Hubble NASA

Tiga Galaksi Akan Bertabrakan, Penampakannya Tertangkap Teleskop Hubble NASA

cnbc-indonesia.com – Dalam tangkapan gambar baru yang diambil oleh teleskop ruang angkasa Hubble milik NASA , tiga galaksi akan saling bertabrakan.

Galaksi- galaksi yang berada di konstelasi Bootes pada akhirnya akan bergabung menjadi satu galaksi yang lebih besar. Gaya gravitasi seperti ini yang menjadi penyebab galaksi – galaksi kehilangan bentuk spiralnya dalam proses tersebut.

Meskipun tabrakan antargalaksi sering terjadi, yang satu ini tidak biasa karena masing-masing galaksi yang terlibat sedang membuat bintang baru saat ini.

Gambar diambil oleh Hubble’s Wide Field Camera 3 dan Advanced Camera for Surveys. Hal tersebut dapat membantu para astronom mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana galaksi terbesar di alam semesta terbentuk.

Selain itu, dari gambar tersebut terlihat bentuk galaksi sudah kacau, dengan helaian gas dan debu yang menghubungkannya. Banyak cahaya juga keluar dari galaksi . Tiga galaksi yang bertabrakan dikenal sebagai SDSSCGB 10189. Karena ketiganya berjarak 50.000 tahun cahaya, kombinasi ini jarang terjadi.

Kendati demikian, 50.000 tahun cahaya terdengar sangat jauh, itu tidak terlalu jauh dalam gambaran besarnya. Ketiga galaksi itu ‘bertetangga sangat dekat’ dengan jaraknya sejauh ini.

Galaksi- galaksi yang dekat dengan kita jauh lebih jauh. Misalnya, galaksi terdekat dengan Bima Sakti adalah Andromeda, yang jaraknya lebih dari 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

Pada tangkapan gambar Hubble, Anda juga bisa melihat beberapa galaksi lainnya. Galaksi spiral yang tidak ada hubungannya dengan tiga galaksi yang ikut bergabung. Di latar belakang, Anda bisa melihat bentuk galaksi kabur yang jauh lebih jauh.

Gambar Hubble terbaru berasal dari penelitian yang dilakukan untuk membantu para astronom memahami asal usul galaksi terbesar dan paling masif di alam semesta yang disebut dengan Bright Galactic Clusters (BGCs).

Diyakini bahwa BGCs terbentuk melalui penggabungan galaksi besar yang kaya gas seperti SDSSCGB 10189 dan dengan demikian dapat memberikan wawasan tentang pembentukan galaksi terang dan masif kali ini.***

error: Content is protected !!