Politisi Cari Follower dengan Bagi-bagi Diamond MLBB, Jitu atau …?

cnbc-indonesia.com – Popularitas game Mobile Legends:Bang-Bang (MLBB) di Indonesia memang tengah meningkat. Data dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan game MOBA (multi-player battle arena) buatan MOONTON ini menjadi game mobile dengan jumlah pemain terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Bukan cuma jumlah pemain atau pengguna, turnamen resmi MLBB sebagai scene esports juga sukses dengan statistik jumlah penonton dan jam tayang yang mulai menyaingi title game bergengsi seperti DOTA2 dan League of Legends.

Ini adalah buah kerja keras MOONTON menjalankan MPL sebagai franchise league di beberapa negara hingga Kejuaraan Dunia MLBB tahunan M-Series. Indonesia pun sukses menjadi tuan rumah gelaran M4 World Championship di Jakarta pada 1-15 Januari 2023 lalu.

Naiknya pamor Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) membuat sejumlah pihak ingin mendapatkan perhatian. Salah satunya seorang politikus bernama Ari Wachid, Wakil Ketua DPDJawa Tengah.

Sebuah postingan di akun Instagram @emak_moba memunculkan wajah seseorang dengan teks : “Disediakan ratusan ribu diamond Mobile Legend untuk kalian semua. Tapi, follow dulu Instagram ariwachid.id”. Setelah ditelusuri postingan endorsement ini berasal dari Ari Wachid, yang menurut bio di akun instagramnya merupakan Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah. Sang politisi pun menuliskan “Suka bermain Mobile Legends di waktu luang…”.

Jika ada pemain yang bermain dengan luar biasa, Ari Wachid akan memberikan hadiah diamond secara gratis. Tak cuma itu, menjelang Pemilihan Umum Presiden Indonesia (Pilpres) 2024, dia juga membagikan diamond secara gratis bagi yang mengikuti (follow) akun Instagram-nya.

“Disediakan ratusan ribu diamond Mobile Legend untuk kalian semua. Tapi, follow dulu Instagram ariwachid.id,” tulis keterangan di poster unggahan tersebut, yang terpantau di timeline pada Minggu (22/1/2023).

Para netizen pun sontak memberikan komentar mereka terkait bagi-bagi diamond gratis dari seorang politikus tersebut. Tak cuma komentar positif, beberapa diantaranya ada yang heran dan menilai bahwa hal itu dianggap kampanye.

Di sisi lain, beberapa netizen bahkan menilai kalau politikus tersebut melakukan ‘kampanye’ politiknya dengan memberikan diamond gratis. Bukan menerima resposn positif, hal itu dianggap mengganggu gamers MLBB.

“Politik uang (bukan), politik diamond (benar),” tambah warganet lain.
“Kelas sekarang serangan fajarnya pake diamond,” komentar netizen lagi.

Dari hasil penelusuran lebih lanjut ke akun Instagram Ari Wachid juga memposting akan memberikan kesempatan kepada player Mobile Legends untuk membuktikan kemampuan mereka saat memainkan game itu dan memberikan tagging ke akun Instagramnya.

Ada gula, ada semut. Pameo pendek yang menggambarkan dimana ada sesuatu yang berharga, pasti membuat banyak yang berkumpul. Apalagi, kalau sesuatu itu dibagi-bagikan. Tapi, apakah Gratis? Well, di era milenium ini dan dunia digital, rasanya tak ada yang benar-benar gratis. Misalnya, untuk online saja kita butuh koneksi internet, listrik, waktu dll. Apalagi jika ada persyaratan, harus jadi follower.

Setiap zaman punya spirit dan trend-nya. Terlepas dari respon para netizen, harus diaku kalau aksi bagi-bagi diamond MLBB ini telah berhasil menyita perhatian. Apakah ini bisa dibilang sebagai bagian kampanye, politik dan lain sebagainya? Agaknya itu bisa dipilah sesuai porsi dan koridornya.Kalau dari kaca mata digital marketing, campaign ini bisa dibilang bisa menjadi fenomena atau bahkan trend baru. Menarik juga bagaimana pandangan dari politisi lainnya.
Nah, kalau buat ligagamers sendiri gimana?

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

R7 Rehat dari RRQ Hoshi di MPL ID S11, Siapa Kandidat Pengganti?

error: Content is protected !!