cnbc-indonesia.com – Peluncuran iPhone 14 series tinggal menghitung hari. Pada 7 September mendatang, Apple akan memperkenalkan jajaran produk terbarunya.

Jelang penluncuran, bocoran mengenai iPhone 14 makin berseliweran di dunia maya. Kali ini, iPhone 14 disebut akan membawa fast charging 30W.

Bocoran tersebut muncul karena salah satu merk charger yang tidak disebutkan namanya, mulai mengirimkan adaptor (charger) iPhone 14 untuk di-review oleh sejumlah media asing. Charger tersebut mendukung kecepatan pengisian daya 30W.

Namun, masih belum jelas apakah dukungan fast charging 30W ini akan hadir di semua model iPhone 14 atau hanya di model “pro” saja sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (31/8/2022).

Jika bocoran tersebut benar adanya, maka iPhone 14 akan menjadi lini iPhone pertama dengan kecepatan pengisian daya 30W.

iPhone seri sebelumnya yakni iPhone 13 Pro Max, mendukung pengisian daya cepat yang mentok di 27W.

Kecepatan pengisian daya iPhone selama ini memang kerap dikeluhkan pengguna karena kalah cepat dari perangkat Android.

Kecepatan pengisian daya iPhone saat berkisar dari 18W atau 27W. Baterai iPhone 14 yang diisi dengan kecepatan pengisian daya 30W, diperkirakan dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 1 jam.

Bocoran spesifikasi iPhone 14

Menyertai kabar prediksi perilisan iPhone 14, beredar pula bocoran mengenai spesifikasi yang bakal diusungnya. Sebagaimana sempat diwartakan sebelumnya, iPhone 14 dikabarkan bakal punya empat model, tanpa model “Mini”.

Empat model iPhone 14 series tersebut dirumorkan bakal terdiri dari iPhone 14 (6,1 inci), iPhone Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci) dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Secara umum tak banyak perubahan untuk iPhone “reguler” dan iPhone Max karena kabarnya kedua ponsel ini masih akan mempertahankan desain layar berponi. Perubahan desain yang signifikan kemungkinan terlihat pada duo iPhone 14 model “Pro”.

Keduanya disebut akan mengusung layar berlubang. Selain itu, model Pro juga akan dilengkapi chipset baru yakni chip A16, kamera 48 MP serta peningkatan lainnya. Sementara dua iPhone 14 non-Pro, disebut masih akan ditenagai oleh chip A15.