Ini Dia 3 Ponsel Lipat yang Diumumkan di MWC 2023

Ini Dia 3 Ponsel Lipat yang Diumumkan di MWC 2023

cnbc-indonesia.com – Ajang pameran teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, diselenggarakan sejak 27 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023 waktu setempat.

Acara ini digunakan sejumlah vendor smartphone untuk mengumumkan ponsel lipat (foldable phone) terbaru mereka. Sejauh ini ada tiga pabrikan yang mengumumkan ponsel lipat di MWC 2023.

Ketiga ponsel lipat yang diumumkan tersebut adalah Tecno Phantom V Fold, Honor Magic VS, dan OnePlus Foldable. Berikut ini rinciannya.

Tecno Phantom V Fold

Tecno Phantom V Fold merupakan ponsel lipat pertama dari Tecno Mobile.

Ponsel ini memiliki desain lipatan ke bagian dalam layaknya sebuah buku, seperti Galaxy Z Fold 4 bikinan Samsung.

Tecno Phantom V Fold memiliki layar bagian luar AMOLED LTPO 6,42 inci beresolusi 1080 x 2550 piksel, dan refresh rate hingga 120 Hz. Sementara layar bagian dalamnya berukuran 7,85 inci dengan resolusi 2000 x 2296 piksel.

Ada dua kamera selfie yaitu di bagian luar dan bagian dalam. Di bagian luar, kamera selfie tersebut beresolusi 32 MP, sementara di bagian dalam resolusinya adalah 16 MP.

Kemudian di bagian punggungnya terdapat kamera utama 50 MP, kamera telefoto 50 MP, dan kamera ultrawide 13 MP.

Ponsel lipat Tecno Mobile ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 9000 Plus yang dibuat dengan fabrikasi 4nm. Chipset ini dipadukan dengan RAM LPDDR5x sebesar 12 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 seluas 256 GB atau 512 GB.

Tecno Phantom V Fold menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) HiOS 13 Fold.

Tecno Phantom V Fold rencananya akan diluncurkan pada kuartal kedua 2023 di India. Harganya sendiri adalah 89,999 Rupee (sekitar Rp 16,6 juta) untuk model 12/256 GB dan 99,999 Rupee (sekitar Rp 18,4 juta) untuk model 12/512 GB.

Honor Magic VS

Ponsel lipat Honor Magic VS sebenarnya sudah tersedia di China sejak November lalu. Kini, ponsel tersebut resmi dirilis di pasar global.

Seperti Tecno Phantom V Fold, Honor Magic VS juga mengadopsi desain lipatan seperti buku. Ponsel ini memiliki layar bagian luar OLED seluas 6,45 inci beresolusi 2560 x 1080 piksel. Panel OLED ini menawarkan refresh rate hingga 120 Hz.

Adapun layar di bagian dalamnya berukuran 7,9 inci dengan resolusi 2272 x 1984 piksel, dan refresh rate 90 Hz.

Smartphone ini memiliki kamera selfie 16 MP di bagian depannya. Sementara di bagian punggung, Honor Magic VS dibekali kamera utama 54 MP, kamera ultrawide 50 MP, dan kamera telefoto 8 MP.

Untuk sektor dapur pacunya, ponsel yang segera meluncur di pasar global ini ditenagai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dibuat dengan fabrikasi 4nm. Ponsel ini pun didukung pula dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan seluas 512 GB.

Honor Magic VS didukung oleh sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MagicUI 7.1.

Honor Magic VS sudah diluncurkan dalam ajang Mobile World Congress tanggal 27 Februari lalu. Namun, informasi terkait ketersediaan ponsel tersebut baru akan diumumkan dalam waktu yang dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Advisor, Jumat (3/3/2023).

Ponsel ini dibanderol seharga 1,599 Euro (sekitar Rp 26 juta) untuk model 12/512 GB.

OnePlus Foldable

OnePlus juga tak mau ketinggalan. Perusahaan asal China ini mengumumkan rencana perusahaan untuk merilis ponsel lipat pertamanya pada paruh kedua 2023 atau sekitar Juli hingga Desember mendatang.

Namun, pihak OnePlus belum mengungkapkan spesifikasi yang nantinya akan dibawa ponsel tersebut.

President dan COO OnePlus, Kinder Liu, hanya menyebutkan bahwa OnePlus Foldable sebagai ponsel kelas atas (flagship) akan menawarkan pengalaman cepat dan mulus untuk penggunanya.

“Ponsel lipat pertama kami akan menawarkan pengalaman khas OnePlus yang cepat dan lancar. (OnePlus Foldable) harus menjadi ponsel kelas atas yang tidak puas karena bentuk lipatnya, baik dalam segi desain industri, teknologi mekanik, maupun aspek lainnya. Kami ingin meluncurkan perangkat yang bertujuan menjadi puncak dalam pengalaman (pengguna) di pasar perangkat lipat saat ini,” jelas President dan COO OnePlus, Kinder Liu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!