Foto Profil Instagram Bisa Di-swipe, Berubah Jadi Avatar

cnbc-indonesia.com – Instagram merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna memiliki “dua” foto profil. Satu foto profil asli, satu lagi berupa avatar pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna Instagram dapat melakukan “swipe” untuk mengubah foto profil menjadi foto avatar hanya dalam satu gerakan.

“Kini, Anda dapat menambahkan (foto) avatar di sisi lain foto profil IG Anda dan orang lain yang mengunjungi akunmu juga dapat membalikkan foto profilmu,” tulis Instagram dalam kicauannya di Twitter dengan handles @Instagram, Rabu (25/1/2023).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna IG harus membuat avatar terlebih dahulu. Nantinya, avatar yang dijadikan foto profil kedua juga akan lebih interaktif karena bisa bergerak, seperti melambaikan tangan.

Ringkasnya, tampilan foto profil IG terbaru akan tampak memiliki sisi depan dan sisi belakang, menyerupai uang koin. Seperti yang disebut di atas, pengguna juga dapat menggeser foto profil dari akun lain untuk melihat tampilan dari avatar mereka.

Pantauan KompasTekno, fitur baru ini sudah bisa dijajal juga oleh pengguna di Indonesia. Agar bisa menggeser foto profil menjadi avatar, pengguna harus terlebih dahulu membuat avatar yang sesuai dengan keinginan.

Cara membuat avatar untuk foto profil Instagram

Cara untuk membuat avatar ini cukup mudah. Pengguna cukup mengunjungi laman “Profile” di Instagram. Klik “Edit profile” di bawah foto profil, kemudian buat avatar Anda sesuai keinginan.

Setelah itu, aktifkan mode “Add to profile picture” agar avatar tersebut juga muncul di profil IG. Setelah diaktifkan, pengguna bisa langsung men-swipe foto profil Instagram untuk menampilkan avatar.

Namun, berdasarkan pengalaman KompasTekno, fitur ini masih belum hadir secara merata ke seluruh pengguna IG di Indonesia. Sebab, beberapa akun masih belum dapat melakukan swipe foto profil akun lain dan belum dapat memunculkan foto avatar di profil.

Pengguna juga dapat memenggunakan manfaatkan avatar sebagai stiker. Stiker bisa digunakan saat berinteraksi dengan teman di Direct Message atau saat mengunggah IG Stories.

Avatar di Instagram sendiri sudah diperkenalkan sejak 2022 lalu. Awalnya, kehadiran fitur ini ditujukan untuk bersaing dengan avatar Bitmoji milik Snap. Fitur ini juga digelontorkan di medsos Facebook, WhatsApp, hingga Facebook Messenger, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (25/1/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!