Desain Ulang Aplikasi Google Contacts Bawa Perubahan Berguna

Desain Ulang Aplikasi Google Contacts Bawa Perubahan Berguna

cnbc-indonesia.com – NESABAMEDIA.COM – Selama beberapa bulan terakhir, Google tengah berupaya merombak aplikasi mereka dengan tampilan Material You. Meskipun proses ini hampir selesai, perusahaan sepertinya masih terus melakukan perombakan pada desain aplikasi mereka. Laporan terbaru menyebutkan bahwa aplikasi Google Contact yang mendapatkan giliran desain ulang, dan perubahan yang berguna.

Kebanyakan aplikasi Google saat ini, memang terlihat sangat jauh berbeda jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Semuanya mendapatkan desain ulang Material You, dan pengguna kini mulai familiar dengan estetika tersebut. Seperti tidak merasa puas, Google terus membuat perubahan di aplikasi mereka, setelah perombakan besar-besaran itu.

Perubahan berlanjut dengan aplikasi Google Contacts. Ini semacam terminal dari semua kontak yang tersimpan di akun Google anda. Semua kontak disinkronkan secara online, sehingga anda bisa memindahkannya antar perangkat hanya dengan login ke akun Google anda. Fitur yang ada sebelumnya sudah sangat membantu, dan kini ada tambahan perubahan lagi dari Google.

Di versi sebelumnya, ketika anda mengetuk pada menu hamburger yang ada di sebelah kiri atas, itu akan menampilkan sebuah rak dengan opsi seperti All Accounts, Current Accounts, Merge & Fix, Trash dan Label. Namun setelah perubahan, rak tersebut hanya akan menampilkan akun dan label saja.

Opsi Merge & Fix dipindahkan ke bilah yang ada di bagian bawah layar, bersama dengan tombol Contacts. Bilah tersebut akan memberikan anda akses cepat ke kedua pilihan itu, tidak peduli di mana posisi anda di aplikasi.

Sebelumnya di opsi Merge & Fix, anda akan melihat empat opsi yang ditumpuk secara vertikal, dan masing-masing membentang di layar. Sementara tombol-tombol itu dibuat membulat dan bergelembung sebelumnya, perubahan membuatnya menjadi sedikit naik. Tombol yang ada sekarang diatur dalam kotak 2×4, dan bahkan terlihat lebih membulat.

Jika anda mencari opsi Trash, itu kini sekarang berada di bawah menu Merge & Fix. Dipindahkan bersama dengan opsi Import dan Export yang sebelumnya ada di File. Apabila mungkin saat ini anda masih belum melihat perubahan tersebut, jangan khawatir, karena Google mengirimkannya secara bertahap, dan yang perlu anda lakukan hanya menunggu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.