cnbc-indonesia.com – Beragam vendor berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan ukuran layar yang lebar. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman visual yang lebih maksimal bagi pengguna.

Bagi sebagian pengguna, menonton video dan bermain game di smartphone yang memiliki layar berukuran besar, dinilai lebih memuaskan lantaran mampu menciptakan pengalaman yang lebih imersif.

Namun, layar yang besar berimbas pada ukuran dimensi smartphone. Hal itu akan mempengaruhi kenyamanan saat menggenggam ponsel. Biasanya, semakin bongsor sebuah smartphone, maka semakin kurang nyaman digenggam dan dioperasikan, terutama dengan satu tangan.

Sebab, smartphone berukuran besar biasanya memiliki bobot yang cukup berat sehingga membuat tangan cepat lelah ketika digenggam menggunakan satu tangan.

Bodi smartphone yang bongsor juga bisa menghalangi pergerakan ibu jari yang bertugas mengendalikan segala jenis perintah di layar sentuh.

Lantas, bagaimana cara menentukan ukuran smartphone yang pas sehingga dapat dengan nyaman digenggam?

Sesuaikan dengan ukuran tangan

Setiap orang memiliki ukuran tangan yang berbeda. Ukuran tangan yang lebih kecil tentu tidak cocok menggenggam smartphone berukuran bongsor.

Anda dapat melakukan tes sederhana dengan meletakkan smartphone secara diagonal di atas telapak tangan.

Apabila smartphone lebih besar dibandingkan ukuran telapak tangan, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan smartphone tersebut untuk menghindari rasa tidak nyaman yang dapat timbul.

Tips kedua adalah dengan menggenggam smartphone menggunakan satu jari dan coba gerakkan ibu jari Anda ke berbagai arah.

Jika ibu jari hanya mencapai setengah atau kurang dari 3/4 area layar smartphone, maka smartphone tersebut terlalu besar untuk digunakan.

Sebaliknya, jika ibu jari dapat mencapai sisi ujung layar dengan mudah, maka smartphone tersebut mungkin terlalu kecil sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

Smartphone yang memiliki bodi yang besar tentu turut dibekali dengan layar yang besar pula. Ukuran layar smartphone yang luas dapat memudahkan proses mengetik berkat ukuran keyboard yang lebih luas.

Kenyamanan menonton

Smartphone kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, seperti menggulir lini masa media sosial atau menyaksikan video di YouTube.

Sebuah smartphone dengan layar yang luas tentu dapat meningkatkan kenyamanan pengguna dan bikin betah menatap layar seharian.

Untuk mengakomodir ukuran layar yang luas, sebuah film atau video yang ditampilkan di layar membutuhkan kualitas video yang tinggi.

Meski dibekali dengan layar lebih kecil, sebuah smartpone dapat diunggulkan karena memiliki tingkat kerapatan layar yang juga lebih padat, sehingga mampu menghasilkan yang kualitas video atau film yang lebih tajam.

Penggunaan baterai

Mengingat sebagian besar aktivitas smartphone selalu bergantung pada penggunaan layar, alokasi penggunaan baterai juga harus dipertimbangkan.

Sebab semakin besar ukuran layar sebuah smartphone, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Fitur Always-on display yang memungkinkan layar untuk terus menampilkan informasi saat smartphone stand-by misalnya, dapat menguras daya baterai yang cukup besar karena memaksa layar untuk terus aktif.