Alasan Asus Masih Pakai RAM Jenis Lama di Laptop Gaming Terbaru

Alasan Asus Masih Pakai RAM Jenis Lama di Laptop Gaming Terbaru

cnbc-indonesia.com – Asus meluncurkan laptop terbarunya, yaitu Asus TUF Gaming 2023 di Indonesia, Selasa (28/2/2023).

Asus TUF Gaming 2023 merupakan penerus dari laptop TUF Gaming 2022 yang sudah diluncurkan pada Maret 2022 lalu. Model yang kini dihadirkan adalah Asus TUF Gaming F15 dan F17. Sebagai penerus, laptop tersebut tentunya hadir dengan sejumlah peningkatan.

Misalnya, prosesor Intel Core generasi ke-13 yaitu i9-13900H, kartu grafis (GPU) dengan opsi Nvidia GeForce RTX 4050 dan 4060, memiliki layar 100 persen sRGB, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, jenis RAM (memori) yang disematkan justru mengalami penurunan. Sebelumnya, TUF Gaming 2022 menggunakan RAM LPDDR 5 SO-DIMM, tetapi kini TUF Gaming 2023 justru menggunakan LPDDR4 jenis SO-DIMM.

Menurut Technical Public Reltion Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, penurunan jenis RAM yang dipakai TUF Gaming 2023 dilakukan untuk menjawab sejumlah keluhan dari para gamers.

Seperti yang diketahui, TUF Gaming sendiri merupakan laptop gaming entry-level yang ditargetkan untuk gamers pemula. Saat meluncurkan TUF Gaming 2022 tahun lalu, pengguna mengeluhkan bahwa harga RAM jenis LPDDR5 masih mahal di pasaran.

“Karena pengguna TUF itu bisa dibilang pengguna pemula, di entry-level. Mungkin budget-nya tidak sebanyak orang yang beli ROG high-end (kelas atas). Jadi, untuk upgrade mereka lebih memilih menggunakan LPDDR4,” ujar pria yang akrab di sapa Danu kepada KompasTekno dalam acara media gathering yang digelar di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

“(Kami) mengikuti permintaan pasar,” lanjut Danu.

Asus pun menurunkan jenis RAM yang digunakan dari LPDDR5 menjadi LPDDR4. Hal ini juga dinilai dapat memudahkan para gamers pemula yang ingin melakukan upgrade pada laptopnya.

“Tahun lalu, ada banyak masukan dari gamer yang menggunakan (laptop) TUF. Harga dari LPDDR5 masih mahal, mereka kesulitan untuk upgrade,” tambah Danu.

LPDDR sendiri adalah jenis RAM yang khusus dirancang untuk perangkat mobile seperti laptop.

LPDDR adalah kependekan kata dari Low-Power DDR. Jenis memori ini mempunyai konsumsi daya yang rendah dibandingkan DDR.

Spesifikasi dasar Asus TUF Gaming F15 dan F17

Asus TUF Gaming hadir dengan dua model, yaitu F15 dan F17. Penambahan angka di belakang nama model ditujukan untuk membedakan ukuran layar. TUF Gaming F15 memiliki layar seluas 15 inci, sedangkan F17 hadir dengan layar berdiagonal 17 inci.

Walau memiliki ukuran layar yang berbeda, duo laptop ini datang dengan spesifikasi yang serupa. Misalnya, kompak memiliki resolusi layar Full HD, 100 persen sRGB, dan memiliki refresh rate 144 Hz,

Di segi performanya, duo laptop tersebut ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H dan opsi chip grafis dari Nvidia GeForce RTX 4050 atau 4060. Seperti yang sudah disebut di atas, prosesor perangkat dipadu dengan RAM LPDDR4 SO-DIMM.

Pembaruan lainnya, laptop ini juga diklaim tangguh karena sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Artinya, laptop ini sudah lolos setidaknya 29 tes militer tingkat tinggi dengan akurasi dan kekasaran (ruggedness).

Misalnya, uji coba terhadap air, guncangan, cuaca ekstrem, tekanan tinggi dan rendah, suhu panas dan dingin, ketinggian, semprotan garam, debu, dijatuhkan tanpa pelindung apapun, dan sebagainya.

Laptop TUF Gaming 2023 ini juga dibekali baterai berkapasitas 90 Whr yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 100 watt melalui colokan Thunderbolt 4.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 11. Fitur pendukung lainnya adalah Dolby Atmox, Hi-Res Audio, memiliki ukuran touchpad 26 persen lebih besar dari versi sebelumnya, sistem pendinganan yang sudah ditingkatkan menjadi lima heatpipe berbahan tembaga, hingga dua kipas yang mengadopsi empat jalur udara panas.

Kendati begitu, Asus Indonesia masih belum mengumbar banderol harga dari laptop gaming ini. Tunggu saja peluncuran resminya nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!