Widya Robotics Ciptakan Inovasi Pemanfaatan LiDAR untuk Hitung Muatan Truk

Widya Robotics Ciptakan Inovasi Pemanfaatan LiDAR untuk Hitung Muatan Truk

cnbc-indonesia.com – “Dalam hal kecepatan, Widya Load Scanner mampu menghitung volume material muatan truk hanya dalam satu menit, untuk satu kali pengukuran,” jelas Tri Yunianta, VP Technology Widya Robotics pada Rabu (22/11/2022).

Kecepatan dan ketepatan produk ini membuat proses penghitungan muatan menjadi lebih efisien. Peralatan pengukuran itu dilengkapi dasbor yang mampu menghadirkan visualisasi hasil scanning muatan truk. Juga bisa dipantau secara realtime untuk mencegah terjadinya kecurangan atau manipulasi saat proses pengukuran.

Dengan menggunakan teknologi light radar, alat mampu memberikan akurasi yang tinggi dalam mengukur volume pada muatan truk dan hasilnya bisa langsung dimonitor secara realtime pada dasbor oleh operator.

“Load Scanner Portable, proses pengukurannya lebih cepat dan praktis daripada perhitungan konvensional karena bersifat realtime dan tingkat akurasi pengukurannya mencapai 98.5 persen pada pengukuran muatan dengan permukaan volume material yang datar,” lanjutnya.

Menurutnya, hal ini berpengaruh juga pada harga yang ditawarkan untuk 1 unit Widya Load Scanner Portable yang lebih murah hingga 50 persen daripada produk sejenis buatan luar negeri,” tandas Tri Yunianta.

Widya Load Scanner sudah diuji dan siap untuk diproduksi secara massal.

“Alat sudah pernah digunakan di perusahaan BUMN pada proyek konstruksi di Purwakarta, Cirebon, Balongan, Makassar dan Sumatera. Untuk pasar luarnegeri, Widya Load Scanner juga sudah digunakan oleh perusahaan di Yangon, Myanmar,” ungkapnya.

PT PP (Persero) sebagai salah satu perusahaan yang telah menggunakan produk Widya Load scanner mengungkapkan kepuasan atas kinerja Widya Load Scanner. Juniar Bakti Alkafianto, Senior Manager Head of Research and Innovation Department, PT PP (Persero), TBK menyampaikan, “Saya mengenal tim Widya Robotics sebagai start-up dengan kapasitas yang luar biasa.”

error: Content is protected !!