Michelin Luncurkan Ban Yang Dirancang Khusus Untuk Pasar Indonesia

Michelin Luncurkan Ban Yang Dirancang Khusus Untuk Pasar Indonesia

cnbc-indonesia.com – JAKARTA – Pabrikan ban Michelin Indonesia hari Minggu (23/10) kemarin meluncurkan ban terbaru untuk passenger car jenis on-road. Ban BFGoodrich Advantage Touring ini dipasarkan khusus untuk pasar Indonesia dengan harga yang ekonomis dan efisien.

Apa ban BFGoodrich yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia?

Diproduksi dimanakah BFGoodrich Advantage Touring?

Ban ini dirancang khusus untuk pasar Indonesia dan diposisikan sebagai ban untuk mobil LCGC, MPV, sedan, hatchback dan SUV. Misalnya, untuk Toyota Avanza, Veloz, Honda BR-V, Toyota Innova, Toyota Yaris dan lain-lain.

Mochammad Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia, dalam presentasinya mengatakan bahwa BFGoodrich Advantage Touring ini diproduksi menggunakan teknologi canggih yang dimiliki Michelin. Ban diproduksi secara lokal di pabrik Michelin di Cikarang, Bekasi dan khusus diproduksi untuk pasar Indonesia.

Ia mengatakan, sebelum dipasarkan secara lokal, ban tersebut sebetulnya telah diproduksi untuk kepentingan ekspor ke negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Untuk pasar Indonesia telah mendapatkan ragam penyesuaian untuk diselaraskan dengan kondisi jalan di Indonesia.

“Kondisi jalan di Indonesia terkenal cukup ekstrim, panas yang cukup tinggi dan curah hujan yang banyak dan panjang. Sehingga ban harus memiliki durabilitas yang kuat dan performa yang baik. Kami pun melakukan ragam penyesuaian pada mobil untuk diselaraskan dengan kondisi jalan di sini,” ujar Facrul Rozi.

“BFGoodrich Advantage Touring yang kami pasarkan di Indonesia sedikit berbeda dengan seri yang kami ekspor, meskipun sama-sama diproduksi di pabrik Michelin di Indonesia. BFGoodrich Advantage Touring dirancang khusus untuk memiliki ketahanan terhadap aspal yang panas sehingga cocok digunakan di negara tropis. Sedangkan BFGoodrich yang diekspor oleh Michelin dirancang untuk negara empat musim di mana kondisi jalan tidak terlalu ekstrem,” ujar Rozi

BFGoodrich Advantage Touring ini mulai diproduksi di Indonesia sejak tahun 2020 lalu, tapi untuk kepentingan ekspor. Ban mulai diproduksi untuk kebutuhan domestik pada kuartal IV tahun 2022. Diproduksi mulai dari ukuran 14 hingga 18 inci dengan total 43 dimensi.

Steven Vette selaku Presiden Direktur Michelin Indonesia dalam sambutannya secara online mengatakan, “Peluncuran ban mobil penumpang BFGoodrich merupakan milestone penting bagi Michelin di Indonesia. BFGoodrich Advantage Touring ditujukan bagi para pengemudi dengan kepercayaan diri dan gaya hidup aktif yang mencari produk ban kualitas tinggi dan ekonomis.”

Steven menambahkan bahwa Ban BFGoodrich memiliki sejarah yang cukup panjang dan kami mempercayakan produksi ban ini di pabrik Michelin di Indonesia. Sebelumnya, ban ini telah diekspor terutama ke Amerika, dan juga ke Jepang, Eropa dan negara negara lainnya.

Michelin Indonesia menyatakan bahwa BFGoodrich Advantage Touring memiliki sejumlah kelebihan yang bisa diandalkan. Pertama, memiliki nilai estetika yang bagus dan mampu memiliki level kebisingan yang minim. Hal tersebut berkat desain pola tapak yang baru yang dibuat lebih dinamis dan lebih sederhana. Pola tapak asimetris dioptinalkan melalui optimisasi berbasis komputer.

Kedua, membantu pengereman dengan lebih baik. Berkat desain permukaan asimetris dan blok tapak yang tegas serta dinding ban yang berkualitas baik, daya cengkeram ban menjadi lebih kuat ke permukaan jalan. Sehingga membantu kerja pengereman. Ketiga, mendapatkan desain optimal untuk membantu efisiensi bahan bakar kendaraan. (EKA ZULKARNAIN)

error: Content is protected !!