Melihat Tawaran SUV Listrik Jaguar I-Pace yang Sesaat Lagi Menyapa Indonesia

Melihat Tawaran SUV Listrik Jaguar I-Pace yang Sesaat Lagi Menyapa Indonesia

cnbc-indonesia.com

Setelah dipegang APM baru, model-model terbaru Jaguar Land Rover (JLR) kembali berdatangan ke Indonesia

Setelah mengumumkan penunjukan agen pemegang merek baru 2021 lalu. Jaguar Land Rover (JLR) menjanjikan beragam model akan menyapa konsumen di Indonesia. Terbaru dan sudah diperkirakan sebelumnya adalah SUV listrik I-Pace.

Rencana kedatangan battery electric vehicle (BEV) canggih tersebut didapati dari undangan yang tiba di meja redaksi. PT JLM Auto Indonesia memberikan kesempatan awak media mencoba I-Pace dalam waktu dekat.

I-Pace adalah jawaban JLR untuk kebutuhan kendaraan yang ramah lingkungan, pintar juga menawarkan kenyamanan dan keamanan. Bicara Jaguar pasti bicara performa. I-Pace berpenggerak all wheel drive dari dua motor listrik yang digendongnya. Tenaganya mencapai 400 PS dan torsi 696 Nm yang ditawarkan dari baterai berkapasitas 90 kWh. Memiliki kecepatan maksimal 200 km/jam dan dapat melesat dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik.

Kemampuan jelajah klaim WPTP sejauh 470 kilometer. Pengisian dayanya terhitung impresif. Lewat arus AC 7 kW membutuhkan waktu 12,7 jam dari 0 persen ke 100 persen. Lewat arus AC 11 kW menjadi lebih cepat yakni 8,6 jam dari kosong ke 100 persen. Lewat pengisian publik dengan arus DC 100 kW, dalam 15 menit jarak tempuh bertambah 127 kilometer.

Soal desain, sentuhan Jaguar dengan DNA produk Inggris Raya terasa kental. Garis tajam berpadu dengan bentuk yang futuristik membuat I-Pace terlihat berbeda di jalan. Jaguar memberikan fitur Active Vanes yang bekerja otomatis membuka dan menutup, untuk mendinginkan serta membuat kendaraan listrik ini makin mudah membelah udara.

I-Pace menawarkan dimensi panjang 4.682 mm, dengan jarak sumbu roda 2.990 mm. Ukuran ini tidak berbeda dengan model F-Pace, yang sudah terbukti menawarkan interior lapang. Model yang terinspirasi dari bentuk C-X75 Supercar Jaguar menawarkan siluet yang berotot pada garis bodinya. Kesan ini juga didukung penggunaan pelek 22 inci. Aura futuristik dari penerangan Matrix LED yang menunjukkan ciri khas Jaguar double J, menyatu dengan lampu sein.

Masuk ke dalam, interiornya tampil premium. Terdapat opsional bahan kulit Windsor atau Kvadrat dengan atensi pada detail berkalas khas Jaguar. I-Pace menjanjikan legroom 890 mm dengan ruang penyimpanan pada bagian tengah kompartemen sebesar 10, liter. Total bagasi di bagian belakang berukuran 66 liter dan bisa diperbesar hingga 1.453 liter.

Beragam layar ditawarkan untuk kemudahan pengemudi. Terdapat layar dengan fitur Pivi Pro sebesar 10 inci juga layar MID 12,3 inci dengan fitur interaktif yang menawarkan beragam informasi berkendara. Jaguar menggandeng Meridian untuk menghasilkan sensasi audio mewah sepanjang perjalanan. Konsol tengahnya menghadirkan desain floating yang memberikan kesan premium tersendiri. Soal layar informasi dan hiburan ini didukung dengan kemampuan sambungan telepon genggam dan memaksimalkan sisi personalisasi pengemudi seperti navigasi termasuk mengakses kemampuan dasar kendaraan.

Meski dari luar bentuk atap I-Pace melandai, Jaguar mengklaim headroom 968 mm yang didapat dari jok model rebah. Jok ini juga memberikan kesan sporty dan memberikan pengemudi kenikmatan berkendara lewat postur badan anti capek juga memaksimalkan ruang. Masih ada tambahan kenyamanan lewat panoramic sunroof yang memiliki kaca khusus untuk menyerap ultraviolet dan membuat kabin terasa lebih dingin.

SUV listrik ini juga dilengkapi fitur keselamatan ADAS. Antara lain adaptive cruise control, emergency braking, lane keep assist, blind spot assist, traffic sign recognition dengan pembatas kecepatan, driver condition monitor dan rear collision monitor. Terdapat kamera 360 derajat, juga front and rear parking aid, rear traffic monitor dan clear exit monitor untuk kemudahan memarkirkan kendaraan.

Pertanyaannya tinggal berapa dana yang harus disiapkan membawa pulang I-Pace di Indonesia. Serta berapa lama waktu tunggu yang harus dialami konsumen. Semua akan dijawab dengan jelas dalam waktu dekat oleh PT JLM Auto Indonesia. (STA/ODI)