cnbc-indonesia.com – Bali sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di dunia menjadi salah satu kawasan yang mulai menerapkan pemanfaatan ekosistem berwawasan lingkungan, salah satunya dengan menggenjot penggunaan kendaraan listrik. Nah, para pelancong di Pulau Dewata sekarang bisa memanfaatkan layanan motor listrik sewaan dari imotoshare.

Pulau Bali kini tengah menjadi sorotan dunia. Tak hanya statusnya sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan, Bali juga akan mengadakan perhelatan besar KTT G20 yakni, forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa bulan November mendatang.

Melihat peluang itu, PT Dinamika Teknologi Jaya, startup yang bergerak dalam penyediaan fasilitas transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, meluncurkan platform penyedia layanan smart electric mobility (MaaS) yang disebut sebagai imotoshare. PT CSBIC (Cahaya Surya Bali Inti Cemerlang) menggandeng imotoshare sebagai mitra pertama yang menjadi penyedia layanan mobilitas kendaraan listrik di Bali.

Selain itu, imotoshare juga mengajak Elders Electrico sebagai mitra lokal untuk bersama-sama mengembangkan industri kendaraan listrik. Kerja sama ini diumumkan secara resmi pada Jumat (9/9/2022) di CSBIC, Denpasar, Bali.

“Penggunaan platform imotoshare ini mudah dan aman untuk dipakai di kendaraan listrik. Aplikasi ini menyediakan sepeda motor listrik dengan performa tinggi, daya tahan baterai lama serta kenyamanan berkendara lebih baik dibandingkan sepeda motor konvensional. Layanan ini juga sudah menggunakan IOT yang dirancang sebagai teknologi pintar dan mudah dioperasikan. Kami berharap adanya platform digital memudahkan pelanggan untuk menikmati sensasi eksotik berwisata di Bali dengan menggunakan sepeda motor listrik melalui ekosistem digital imotoshare,” ujar Putu Edi Sugiharta, Direktur PT Dinamika Teknologi Jaya (DTJ) pengelola imotoshare, dalam keterangan resminya.

Ia juga menambahkan, alasan memilih PT CSBIC sebagai mitranya, karena dikelola oleh manajemen profesional, memiliki jumlah armada banyak. Selain itu, juga mempunyai jaringan mitra pendukung baik tour & travel, hotel, restoran dan destinasi wisata lainnya di Bali. Sedang Mulyadi Kantiana Surjonogo selaku pemilik PT CSBIC, alasan bekerja sama dengan imotoshare karena memiliki fitur teknologi digital pintar yang memudahkan pelanggan dalam mengakses kebutuhan kendaraannya.

“Kami berharap melalui kerja sama ini dapat meningkatkan nilai bisnis kami bagi para penyewa kendaraan yang ingin menikmati pesona wisata di Bali. Keberadaan unit armada kami yang berbasis sepeda motor listrik bertujuan untuk memberi pengalaman berkendara yang unik dan membantu menjaga udara di tempat wisata tetap bersih dan bebas polusi,” kata Mulyadi.

Mengenai kemitraan dengan Elders Electrico, Putu menambahkan, hal ni merupakan bagian dari keseriusan Dinamika Teknologi Jaya untuk berkembang lebih luas di pasar elektrifikasi dengan menggandeng pengusaha lokal.

“Elders Electrico adalah contoh UMKM yang memiliki visi yang sama dengan kami dalam bisnis ketenagalistrikan untuk membantu membuat lingkungan yang bersih. Kemitraan kami dengan Elders Energy adalah transformasi teknologi dari apa yang kami kembangkan menjadi kendaraan listrik mereka. Kemitraan kami pada tahap awal adalah menyediakan sepeda motor listrik dari Elders Energy untuk dioperasikan oleh perusahaan di platform imotoshare,” katanya.

Dengan kemitraan ini, Heret Frasthio, pendiri Elders Electrico, menyambut baik inisiatif yang dilakukan imotoshare. “Sebagai pelaku industri elektrifikasi lokal, kami berharap transfer teknologi dari Dinamika Teknologi Jaya dapat bersama-sama memajukan dunia elektrifikasi di Indonesia. Kami membutuhkan peran sebuah inovasi digital seperti halnya dengan imotoshare ini yang dapat diterapkan pada produk kami,” ujar Heret.

Selain memberi layanan imotoshare, Dinamika Teknologi Jaya juga dalam tahap pembangunan charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di beberapa titik sebagai basis infrastruktur penggunaan kendaraan listrik. Tak itu saja, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pelanggan. Dinamika Teknologi Jaya juga terus mencari potensi dari daerah lain untuk pengembangan bidang penggunaan aplikasi ini sambil melihat kemungkinan mencari mitra lain.