Kebiasaan Buruk Pengemudi Mobil Manual yang Bisa Merusak Gearbox

cnbc-indonesia.com

Sanggup mengemudikan mobil transmisi manual bukan berarti jago nyetir. Karena ternyata masih ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi mobil manual yang dapat merusak gearbox transmisi mobil.

1. Injak Kopling Saat Ngerem

Tidak usah ijak kopling saat mengerem

Banyak sekali pengemudi mobil manual yang menginjak pedal kopling ketika menginjak pedal rem. Tindakan ini sebenarnya hanya sia-sia saja hanya akan membuat kaki kiri bertambah tugasnya. Karena menginjak pedal kopling tidak membantu pengereman. Sebaiknya injak saja pedal rem, baru ketika akan menurunkan posisi gigi injak pedal koping.

2. Ganti Posisi Gigi Tanpa Injak Pedal Kopling

Injak pedal kopling terlebih dulu setiap akan ganti posisi gigi

Kalau yang ini mungkin akibat kebiasaan menggunakan transmisi otomatis. Kalau masih dibiarkan, umur pakai gearbox mobil Anda bisa sebentar. Jadi sebaiknya injak pedal kopling dulu setiap akan mengganti posisi gigi.

3. Menginjak Pedal Kopling dan Gas Saat Macet

Jangan injak pedal kopling dan gas bersamaan ketika macet

Alasannya supaya mobil tidak melaju ketika macet atau berhenti di jalan menanjak. Padahal jika dibiarkan terlalu lama maka plat kopling akan mudah aus.

4. Kaki Kiri Selalu di Pedal Kopling

Lepas kaki dari pedal kopling ketika mobil melaju

Ada pengemudi mobil manual yang membiarkan kaki kirinya selalu ada di pedal kopling. Alasannya untuk bersiap-siap dari sesuatu yang terjadi di jalan raya. Padahal menaruh kaki di pedal kopling walaupun hanya sedikit, akan membuat kopling bekerja terus menerus. Ini akan membuat kopling cepat aus dan bahan bakar juga jadi lebih boros.

error: Content is protected !!