Honda Rilis Skutik ADV160 di Jepang, Harganya Lebih Mahal dari Indonesia

Honda Rilis Skutik ADV160 di Jepang, Harganya Lebih Mahal dari Indonesia

cnbc-indonesia.com

Honda ADV160 baru meluncur di Jepang

Skuter matik petualang Honda ADV160 baru meluncur di Jepang. Namun mereka mulai menjualnya pada 26 Januari 2023. Mengenai harga, perusahaan melego 473,000 yen atau setara Rp49,7 juta. Angka tertera lebih mahal dari produk di Indonesia Rp39,25 juta (tipe ABS). Untuk bentuk bodi, kelengkapan dan jenis mesin masih sama seperti di sini. Honda Motor Co.,Ltd mematok target penjualan 5.800 unit setahun.

Honda ADV160 didukung mesin KF54E 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Enjin baru ini mampu tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW atau 16 PS di 8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 15 Nm sejak 6.500 rpm. Berdasarkan hasil tes internal melalui metode WMTC di Jepang. Konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 42,5 km/liter ketika hanya digunakan satu orang saja.

Untuk sisi keamanan, Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Demi menambah kenyamanan pengguna, ia telah dilengkapi USB charger di console box, memiliki daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger model lama. Ia dibekali fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic.

Di Jepang tersedia satu tipe ABS. Sehingga mendapatkan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini biasa dipasang di motor besar dan big bike premium Honda. Fungsinya ialah membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang. Sehingga mereduksi potensi terjadinya ban selip.

Nah, selain itu, perangkat ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan. Secara otomatis ia mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitar. Terutama posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan tubrukan.

ACG starter turut melengkapi kemampuan ADV160 agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti. Kemudian menyala kembali hanya memutar tuas gas. Lantas apa bedanya dibanding produk serupa di Indonesia?

Hanya sentuhan ringan. Diferensiasi terletak di bentuk cover knalpot dengan sedikit tambahan pelindung dari logam. Lalu ADV160 di Jepang memiliki sepasang reflektor cahaya. Bentuk bulat oranye di tempel di atas kedua sisi suspensi depan. Selebihnya, fitur dan spek tenis sama saja. (Alx/Odi)