Emak-emak Nyetir LCGC Disebut Mimpi Buruk di Jalan, Apa Itu Mobil LCGC?

cnbc-indonesia.com – Bermula dari unggahan akun Twitter @ndagels yang menunjukkan mobil LCGC warna htam berhenti mendadak di tengah lalu lintas yang padat. Video itu direkam dengan Dashboard Camera pada (29/11/2022).

Mobil hitam itu menyalip dari kiri namun berhenti mendadak di tengah jalan raya ketika berhasil menyalip kendaraan lainnya. Mobil yang berada tepat di belakang mobil LCGC hitam itu sontak kaget dan ikut melakukan pengereman mendadak.

Namun sayang, usaha mobil yang berada di belakang ibu-ibu itu gagal dan menabrak mobil LCGC di depannya. Setelah tertabrak, mobil LCGC hitam sempat maju beberapa meter, tapi kemudian berhenti lagi.

Rupanya ibu-ibu tersebut turun dari mobil dan ngamuk-ngamuk karena mobilnya tertabrak. Ia bahkan menunjukkan body mobilnya yang ditabrak.

Video singkat itu kemudian diunggah dengan caption “LCGC + Plat B + emak-emak adalah mimpi buruk bgt di jalan wkwkwk”.

Apa Itu Mobil LCGC

Merangkum berbagai sumber, mobil LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car yang artinya mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

LCGC adalah program dari pemerintah untuk mengatur kendaraan yang ekonomis untuk kalangan menengah ke bawah namun tetap ramah lingkungan.

Seperti namanya, mobil LCGC bisa datang berbagai merek dengan harga yang murah, bahkan dimulai dari Rp 100 jutaan. Mengingat harganya, jangan kecewa jika mobil tersebut datang dengan spek dasar saja.

Program ini tentu diminati oleh banyak orang, utamanya dari kalangan kelas menengah yang butuh kendaraan besar untuk beraktivitas sehari-hari.

Mungkin karena terjangkau, banyak orang bisa membelinya tanpa membekali diri dengan skill menyetir yang mumpuni sehingga kejadian seperti video viral di atas kerap ditemui di jalanan.

Hal ini rupanya menjadi keluhan banyak orang, terbukti dari banyaknya komentar di video itu yang mengalami hal serupa di berbagai ruas jalan.

“Dulu driver kantor pernah bilang, untuk selalu waspada kalo ada LCGC disekitar kendaraan kita terutama didepan & samping, kalo bagian belakang katanya “berdoa aja mas semoga yg bawa cekatan gak nabrak bokong mobil kita” ujar @Good***.

“Kalau mau belok ngapain nyalip gitu loh, bikin belakangnya panik. Sering banget ketemu yang kayak gini,” tulis @delaem***.

Itulah penjelasan tentang apa itu mobil LCGC. Semoga tulisan ini bisa menjadi pelajaran agar kita kebih waspada dan berhati-hati di jalan.

error: Content is protected !!