Daftar Mobil Listrik Merek Asal Cina Yang Ada Di Indonesia

Daftar Mobil Listrik Merek Asal Cina Yang Ada Di Indonesia

cnbc-indonesia.com – Merek otomotif asal Cina di Indonesia dikenal cukup masif dalam menghadirkan mobil listrik. Di sisi lain hal ini membuat percepatan elektrifikasi akan menjadi lebih cepat.

Ada beberapa mobil listrik yang sudah resmi dijual oleh beberapa pabrikan asal Cina. Beberapa di antaranya bahkan memiliki banderol yang cukup terjangkau untuk dibeli masyarakat.

Animo masyarakat pun cukup tinggi melihat adanya mobil listrik dengan harga terjangkau di Indonesia. Maklum saja, beberapa merek menawarkan mobil listrik dengan harga yang cukup tinggi bagi mayoritas orang Indonesia.

Mereka beranggapan jika mobil listrik sejatinya hanya bisa dibeli oleh kalangan kelas atas saja.

Namun itu dulu, sebelum merek-merek Cina hadir menawarkan kendaraan dengan harga murah.

Alhasil, banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli mobil listrik buatan merek Cina yang ada di Indonesia.

Carmudian yang sedang mencari mobil listrik bisa melihat beberapa pilihan mobil listrik yang ditawarkan merek asal Cina ini.

Isi Konten [show]

Wuling Air EV

Mobil listrik asal merek Cina yang pertama ada Wuling Air EV. Wuling Air EV diluncurkan secara resmi pada Senin (8/8/2022) di pabrik PT SAIC General Motors Wuling (SGMW), Cikarang, Jawa Barat.

Kendaraan berdimensi mungil tersebut diproduksi lokal dan akan dijual untuk pasar ekspor. Pihak Wuling mengeklaim jika mereka dapat memproduksi 10 ribu unit kendaraan listrik tersebut dalam satu tahun.

Menariknya lagi, Wuling Air EV juga akan menjadi salah satu mobil listrik yang akan menjadi kendaraan resmi KTT G20 yang akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang.

(Foto: Carmudi)

Oh iya, di Indonesia Wuling menghadirkan Air EV dalam dua varian; Long Range dan Standard Range.

Di atas kertas mobil listrik asal merek Cina ini dibekali dengan baterai berkapasitas 17,3 kWh / 115 V yang punya jarak tempuh hingga 200 km untuk Standard Range.

Sedangkan untuk versi Long Range dibekali baterai 26,7 kWh / 115 V dengan jarak tempuh 300 km.

Spesifikasi Wuling Air EV

Standard Range

Long Range

Soal harganya, mobil listrik asal Cina satu ini dibanderol mulai dari Rp238 jutaan.

Daftar Harga Mobil Listrik Wuling Air EV*

*Harga merupakan on the road Jakarta

DFSK Gelora E

Kalau biasanya mobil listrik berdesain city car, hatchback, atau SUV, beda nih sama merek asal Cina satu ini.

DFSK menawarkan mobil listrik dengan nama Gelora E yang mengusung desain van.

DFSK Gelora E hadir dalam 2 varian yang terdiri dari blind van dan mini bus. Untuk versi blind van sengaja dihadirkan sebagai kendaraan komersil untuk membawa barang.

Mobil berpenggerak roda belakang ini mengandalkan struktur ladder frame, sehingga mirip SUV yang ada di Indonesia. Daya jelajahnya pun juga cukup jauh, diklaim mampu mencapai 300 km dalam satu kali pengisian.

Sayangnya, DFSK Gelora E ini tidak dibekali dengan fitur yang banyak. Sebagai contoh, ia tidak dibekali sistem pengereman ABS, sensor parkir, central lock, dan kamera mundur seperti tertera pada laman resminya yang kami akses pada Selasa (11/10/2022).

Namun ia sudah ditanamkan head unit 8 inci layar sentuh dan electric power steering (EPS). Berikut spesifikasi DFSK Gelora E yang dijual di Indonesia.

Spesifikasi DFSK Gelora E

Blind Van

Daftar Harga Mobil Listrik DFSK Gelora E

*Harga merupakan on the road Jakarta

DFSK FengGuang Mini EV

Kemudian merek mobil listrik asal Cina yang pernah memamerkan wajah di Indonesia ada DFSK FengGuang Mini EV.

Mobil satu ini memang dipersiapkan sebagai kompetitor dari Wuling Air EV yang sudah lebih dulu meluncur.

Pihak DFSK sendiri memamerkan mobil ini pada ajang Periklindo Electric Vehicles (PEVS) 2022 di Kemayoran, Jakarta (22/7/2022) lalu.

Menurut Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile mobil tersebut baru pamer dan belum dijual resmi.

(Foto: Carmudi)

Pihak DFSK sendiri masih terus melakukan riset dan studi mendalam sebelum benar-benar meluncurkan FengGuang Mini EV.

Entah ke depannya akan impor atau diproduksi lokal, DFSK belum dapat memastikannya secara langsung.

Spesifikasi DFSK FengGuang Mini EV

Menariknya, mobil listrik satu ini di negara asalnya Cina punya harga yang sangat murah mencapai 5.000 dolar AS atau setara Rp72 jutaan saja.

Mobil dengan dimensi panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm ini belum jelas kapan akan meluncur secara resmi di Tanah Air.

Yang jelas, harga jualnya bisa saja tidak terpaut jauh dari Wuling Air EV yang punya harga Rp230 jutaan hingga Rp311 jutaan.

Namun, bisa saja prediksi kami meleset sehingga harga yang ditawarkan lebih murah.

K-Upgrade

Mobil listrik asal Cina yang terakhir adalah K-Upgrade. Bisa dibilang ini merupakan mobil listrik termurah yang ada di Indonesia saat ini.

Jika melihat desainnya, K-Upgrade mengusung desain SUV yang mirip Range Rover. PT Kurnia EVCBU menawarkan mobil ini dengan cara memberikan pelatihan kursus bahasa Inggris kepada masyarakat.

Masyarakat yang mengikuti kursus bisa langsung mendapatkan mobil listrik ini dengan beberapa skema yang diberikan. Soal kapasitas baterai, K-Upgrade dibekali 26,7 kWh yang diklaim punya daya jelajah 300 km.

Kecepatannya sendiri diklaim mampu melesat sampai 155 km/jam. Namun kami sedikit khawatir jika melihat kualitas yang ditawarkan dari mobil yang setara Rp75 jutaan ini.

Pasalnya, material yang digunakan terlihat ringkih dan cukup murahan. Setidaknya ini bisa menjadi solusi mobil listrik murah bagi masyarakat Tanah Air.

Nah, itu tadi beberapa daftar mobil listrik asal merek Cina yang ada di Indonesia.

Beberapa model di atas diharapkan bisa menjadi pertimbangan Carmudian dalam memilih kendaraan listrik untuk aktivitas sehari-hari.

Penulis: Rizen PanjiEditor: Dimas