Chevrolet Trax Dapat Generasi Baru di Amerika Serikat, Semakin Canggih Dan Lengkap Fitur

cnbc-indonesia.com – DETROIT – Chevrolet Trax sudah cukup lama tak terdengar namanya, terutama sejak pabrikan ini meninggalkan pasar Indonesia. Tapi di negara asalnya, baru-baru ini Trax mengalami regenerasi dengan perubahan total dan menyeluruh. Desain baru dipadukan dengan teknologi baru pula.

Trax terbaru ini berubah total, baik dari desain maupun fitur. Chevrolet akan menawarkan Trax dalam lima varian yakni LS, 1RS, LT, 2RS dan Activ. Masing-masing menawarkan pendekatan desain dan trim yang disesuaikan kebutuhan konsumen. Selain itu, Trax terbaru terlihat lebih modern dan kekar serta dibekali dengan beragam teknologi terbaru.

Secara kasat mata, tampilannya mengingatkan pada beberapa produk SUV modern yang sudah hadir. Namun desain dengan garis-garis tegas ini membuat tampilan Trax makin atraktif. Terutama dengan desain Chevy bowtie di bagian tengah yang ikonik. Desain ini juga sedikit terinspirasi dari desain sang kakak, Blazer. Chevrolet mengungkapkan, Trax terbaru dibuat lebih rendah 101 mm dari model terdahulu. Bagian bahunya terlihat besar untuk mengedepankan sosok tangguh SUV modern.

Soal interior, Trax hadir dengan ukuran kabin yang lebih lapang. Chevrolet mengungkapkan model terbaru ini 12 persen lebih luas ruang bagasinya dibanding yang lawas. Ini karena sumbu rodanya lebih panjang dengan dimensi bodi kendaraan lebih panjang dan lebar. Desain interior Trax terbaru membuat ruang kabin juga terasa lebih luas. Penggunaan tekstur bahan interior yang berbeda di setiap trim menciptakan rasa kabin yang lapang.

Rencananya, Trax terbaru akan dilengkapi Chevy Safety Assist, semacam ADAS yang terdiri dari enam fitur keselamatan dan kenyamanan untuk pengemudi. Terdapat pilihan head unit informatif berukuran 8 inci dan 11 inci, tergantung trim, yang hadir dengan kemampuan sambungan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar.

Fitur standar lainnya adalah kehadiran lampu utama LED, pilihan velg 17 inci, 18 inci atau 19 inci, pengereman cakram di keempat roda dan fitur Active Noise Cancellation untuk kenyamanan berkendara. Masih ada tombol start stop, automatic climate control, wireless phone charging, serta cruise control yang sudah adaptif pada trim tertinggi.

Selain itu masih ada beberapa fitur seperti electric parking brake, cupholder di berbagai sudut kabin, jok depan dengan fitur pemanas juga pada lingkar kemudi dan kaca spion. Fitur remote engine start, port pengisian daya USB sampai baris kedua, pengaturan jok elektrik serta sunroof jadi beberapa tambahan fitur yang membuat nyaman pengemudi.

Teknologi keselamatannya cukup lengkap. Seperti sudah disinggung, Chevy Safety Assist jadi bintang utama. Fiturnya antara lain automatic emergency braking, front pedestarian braking, lane keep assist dengan lane departure warning, forward collision alert, intellibeam Auto high beam control dan following distance indicator. Pada beberapa varian terdapat tambahan adaptive cruise control, lane change alert dengan side blind zone alert, rear cross traffic alert dan rear park assist.

Chevrolet rencananya akan memberikan Trax mesin 1.2L turbo in line tiga silinder. Mesin ini menghasilkan tenaga 137 hp dan torsi 219 Nm serta dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Penggunaan teknologi turbo ini dinilai sesuai dengan kebutuhan tenaga serta bermanuver di berbagai kondisi perkotaan.

Chevrolet Trax rencananya akan dijual mulai 21.495 dollar Amerika atau sekitar Rp 330 jutaan. Apakah akan tiba di Indonesia? Sepertinya strategi menjual SUV sudah ditinggalkan Chevrolet untuk pasar Asia Tenggara. Di Thailand merek ini lebih banyak menawarkan produk Double Cabin dan truk ringan sebagai salah satu transportasi untuk usaha. Meski demikian, kita doakan saja masyarakat dan penggemar GM di Indonesia bisa memiliki kesempatan memiliki model terbaru ini.(SETYO ADI / WH)

error: Content is protected !!