Cara Ampuh Menghilangkan Semut yang Bersarang di Mobil

Cara Ampuh Menghilangkan Semut yang Bersarang di Mobil

cnbc-indonesia.com – Kabin mobil yang kotor berpotensi mengundang serangga masuk. Salah satu serangga yang kerap ditemukan dalam kabin yang kotor adalah semut. Adanya semut tentu mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, berikut merupakan cara ampuh menghilangkan semut yang bersarang di dalam mobil.

Penyebab Semut Masuk ke Dalam Mobil

Semut yang masuk ke dalam mobil tentu ada penyebabnya. Masalah paling umum adalah kabin mobil yang kotor. Seringkali kabin kotor akibat remah-remah makanan, atau ketidaksengajaan pemilik mobil menumpahkan makanan atau minuman dalam kabin. Hal ini dapat mengundang gerombolan semut dan serangga masuk ke dalam mobil.

Selain itu, semut juga bisa masuk ke dalam kabin akibat mobil diparkirkan di dekat sarang semut. Apalagi, suhu kabin mobil relatif lebih stabil sehingga semut betah bersarang di dalam kabin.

Bahaya Semut di Dalam Mobil

Mobil yang dimasuki semut merupakan hal yang normal. Namun, hal tersebut dapat berdampak buruk apabila dibiarkan. Adanya semut tentu dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan berkendara. Semut bisa saja menggigit dan mengganggu penumpang.

Selain itu, gerombolan semut yang dibiarkan di dalam kabin dapat merusak komponen dan barang di dalam kabin. Komponen tersebut diantaranya karpet, jok mobil, bahkan kabel kelistrikan dan komponen penting pada mobil.

Oleh karena itu, pemilik mobil perlu membasmi kebereadaan semutbatau serangga dalam kabin. Hal ini dilakukan agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Cara Menghilangkan Semut di Dalam Mobil

Untuk membasmi semut yang bersarang pada kabin mobil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan.

1. Bersihkan Sela-Sela Kabin Mobil

Kabin mobil yang kotor, terutama banyak sisa-sisa makanan akan mengundang semut untuk bersarang. Serangga kecil ini juga bisa datang ketika mobil di parkir di bawah pohon rindang. Salah satu carayang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan sela-sela kabin mobil.

Bersihkan bagian karpet, sela-sela pada kabin, kompartemen, serta sela-sela yang sulit dijangkau. Pemilik mobil bisa melakukannya sendiri, atau di bawa ke bengkel perawatan eksterior dan interior agar kabin benar-benar bersih. Lakukan pembersihan kabin secara rutin agar terbebas dari semut atau serangga lain masuk ke dalam kabin.

2. Menggunakan Parfum Alami

Untuk mencegah semut dan serangga lain datang ke dalam kabin, pemilik mobil juga bisa menggunakan aroma alami. Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membasmi semut antara lain lemon dan minyak esensial tea tree.

Kedua bahan tersebut memiliki aroma yang kuat dan ampuh mengusir semut dan serangga lainnya. Pemilik mobil bisa menggunakan air lemon atau minyak esensial dengan menaruhnya ke botol, lalu menyemprotkan ke setiap sudut kabin.

3. Menggunakan Penyedot Debu

Untuk menghilangkan semut dari kabin mobil, pemilik mobil juga bisa menggunakan penyedot debu. Penyedot debu mampu menghilangkan semua partikel kecil maupun remah-remah makanan pada lokasi yang sulit terjangkau. Jika kabin bersih, maka semut dan serangga tidak bersarang di dalam kabin.

4. Mencari Sarang Semut di Mobil

Seringkali banyak semut yang keluar ketika mobil sudah dibersihkan. Hal itu dikarenakan pemilik mobil belum menemukan sarang dari semut.

Untuk mengetahui letak dari sarang dari semut, pemilik mobil perlu memancing semut terlebih dahulu. Pancinglah menggunakan makanan manis, kemudian tunggu hingga semut bergerombol. Dengan demikian, pemilik mobil bisa mengetahui dari mana semut berjalan.

Ketika sudah menemukan sarangnya, basmilah menggunakan obat pembasmi serangga. Kemudian, bersihkan kabin mobil secara menyeluruh.

5. Penggunaan Obat Pembasmi Semut

Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan semut dalam kabin adalah menggunakan obat pembasmi. Untuk mengaplikasikannya cukup mudah. Pemilik mobil hanya menyemprotkan cairan ke sarang semut yang berada di dalam kabin.

Setelah semut dibasmi menggunakan obat pembasmi, pastikan untuk membersihkan area kabin mobil secara keseluruhan. Obat pembasmi serangga mengandung racun yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.

Tips Menghindari Semut Masuk ke Dalam Mobil

Setelah membersihkan mobil dari semut atau serangga lainnya, ada tips agar semut tidak kembali memasuki kabin mobil. Berikut merupakan tips yang bisa dilakukan.